Tanpa perawatan keratin di salon, kombinasi sampo dan 1 bahan dapur ini bikin rambut auto lembut

29 / 05 / 2024 13:10 WIB

Brilio.net - Rambut lembut dapat menambah rasa percaya diri seseorang. Pasalnya, dengan rambut yang sehat, lembut, dan mudah diatur dapat memaksimalkan penampilan. Sayangnya, untuk mendapatkan rambut impian tersebut bukanlah hal yang mudah. Butuh berbagai usaha dan perawatan yang tepat agar bisa memiliki rambut lembut dan antikusut.

Ada berbagai masalah rambut yang justru dapat mengganggu penampilan seseorang, seperti rambut mengembang, kasar, kusam, dan bercabang. Beberapa masalah rambut tersebut umumnya dialami oleh mereka yang punya rambut kering.

Pada umumnya, rambut kering akan bertekstur kasar dan sulit diatur sehingga terlihat tidak rapi. Penyebab rambut kasar dan kering ini biasanya dikarenakan terlalu sering menggunakan alat-alat styling, terpapar polusi, sinar matahari, atau sering mengganti warna rambut menggunakan semir berbahan kimia.

Rambut kasar adalah kondisi rambut kering yang tidak memiliki kelembapan sama sekali. Ketika rambut kering, kutikula akan menjadi kasar. Ditambah saat cuaca panas, maka rambut akan menjadi semakin kasar, bahkan cenderung keriting. Rambut yang kasar tak hanya terasa kasar saat disentuh, tapi juga batang rambutnya terasa tebal dan lebar, jika dibandingkan dengan benang jahit.

Nah, untuk mengatasinya mungkin kebanyakan orang akan melakukan perawatan keratin di salon kecantikan. Perawatan ini akan membantu memperhalus sel-sel di tempat tumbuhnya rambut (folikel) supaya tidak mudah kusut. Meski efektif, namun kamu perlu merogoh kocek dalam untuk melakukan perawatan ini.

Solusinya, kamu bisa melakukan perawatan dengan mengombinasikan sampo dengan 1 bahan dapur untuk melembutkan rambut kusut, seperti yang dibagikan oleh TikTok @dindangela. Bahan dapur yang dipakai adalah minyak kelapa.

foto: TikTok/@dindangela

Kandungan dan manfaat minyak kelapa untuk melembutkan rambut.

Minyak kelapa mengandung asam laurat (asam lemak jenuh) yang terbukti lebih ampuh dalam mencegah rambut kehilangan protein. Asam laurat juga membuat minyak kelapa jadi mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi. Terlebih lagi, lemak tersebut juga berpotensi menjaga kelembapan rambut agar tidak terlihat kering dan kusam. Sifatnya yang melembapkan inilah yang akan membuat rambut auto lembut dan mudah diatur.

Hanya dengan mengombinasikan kedua bahan tersebut, kamu bisa membuat pembersih rambut yang diklaim efektif untuk melembutkan rambut kusut. Tak hanya itu saja, pembersih rambut ini juga mampu menjaga rambut tetap lembap. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dindangela, Rabu (29/5).

foto: TikTok/@dindangela

Bahan:

- Sampo secukupnya
- 1-2 sendok makan minyak kelapa

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@dindangela

1. Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata (kamu bisa menyesuaikan dengan panjang rambut).
2. Gunakan untuk membersihkan rambut seperti pada umumnya.
3. Gosok-gosok pembersih wajah buatan kamu pada kulit kepala dan pijat-pijat agar lebih meresap (ini dilakukan untuk memaksimalkan kebersihan rambut).
4. Pastikan seluruh rambut sudah teraplikasikan.
5. Bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Lanjutkan dengan penggunaan kondisioner hanya di batang hingga ujung rambut saja.
7. Bilas kembali menggunakan air sampai bersih.
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut lembut antikasar.