Tanpa perlu cuka apel, ini cara atasi ketombe dan gatal berlebih pakai sampo dari 1 jenis karbohidrat

6 Agustus 2023 21:00 WIB

Brilio.net - Ketombe merupakan masalah rambut yang disebabkan oleh keringnya kulit kepala, karena kekurangan kelembapan. Hal tersebut membuat sel-sel kulit mati sulit untuk terkelupas, sehingga muncul ketombe. Selain disebabkan oleh kondisi tersebut, ketombe ini bisa terjadi karena adanya peradangan pada kulit kepala yang menghasilkan minyak.

Tentunya kondisi tersebut membuat penampilan sehari-hari menjadi terganggu. Apalagi ketombe yang berbentuk serpihan putih, dapat terlihat jelas jika mengenakan pakaian gelap. Selain itu, ketombe juga menimbulkan ketidaknyamanan. Pasalnya, ketombe menimbulkan rasa gatal yang teramat sangat.

Oleh karena itu, masalah kulit kepala yang satu ini harus segera diatasi. Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan ketombe dan gatal berlebih pada kulit kepala. Salah satunya dengan menggunakan sampo antiketombe. Nah, sampo ini biasanya mengandung sulfida, pirition zinc, dan ketoconazole yang mampu menghilangkan ketombe.

Kini sampo antiketombe sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko kecantikan. Namun tanpa membeli pun, kamu bisa memiliki sampo tersebut. Kamu bisa membuat sampo antiketombe dengan bahan dasar yang berasal dari bahan-bahan alami, salah satunya cuka sari apel. Bahan ini mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan pada kulit kepala.

Kandungan asam dalam bahan ini bisa menyeimbangkan pH kulit yang dapat mencegah pertumbuhan jamur malassezia, penyebab ketombe. Selain bahan tersebut, terdapat bahan utama lain yang bisa digunakan untuk membuat sampo, yaitu beras putih dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat menjaga kesehatan rambut.

Adanya kandungan antioksidan di dalam beras juga bisa melawan radikal bebas, peradangan, dan membersihkan sel-sel kulit mati. Tak hanya itu, bahan tambahan lain, seperti coconut oil atau minyak kelapa dapat menjadi pelembap utama. Kandungan antimikroba di dalam bahan ini bisa melawan pertumbuhan jamur malassezia, memperkuat akar, dan meningkatkan kesehatan.

Selain itu, ada juga lidah buaya atau aloe vera yang berguna untuk melembapkan dan mengatasi rambut kering. Di sisi lain, adanya sifat antiinflamasi membantu meredakan peradangan dan iritasi karena ketombe. Bahkan adanya kandungan enzim proteolitik dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Tertarik untuk menggunakan sampo dari bahan-bahan alami? Yuk, simak langkah-langkah yang dibagikan oleh pengguna YoUTube Shivani ki kitchen, dilansir briliobeauty.net pada Minggu (6/8).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/shivani ki kitchen

1. 4 Sendok makan beras putih
2. Air bersih
3. 1 sendok makan minyak kelapa atau coconut oil
4. 1 sendok makan aloe vera gel
5. 1 tetes vitamin E
6. Beeswax

Cara membuat:

foto: YouTube/shivani ki kitchen

1. Masukkan beras ke dalam wadah
2. Tuangkan air putih bersih secukupnya
3. Aduk-aduk beras tersebut
4. Diamkan beberapa saat
5. Saring air beras tersebut
6. Tambahkan coconut oil dan aloe vera gel
7. Campurkan dengan vitamin E dan aduk hingga rata
8. Masukkan beeswax cair secukupnya
9. Masak dan aduk hingga beberapa menit
10. Angkat dan tuangkan ke dalam cetakan dan diamkan hingga mengeras


Cara menggunakannya:

foto: YouTube/shivani ki kitchen

1. Sisir rambut terlebih dahulu
2. Basahi seluruh rambut
3. Usap-usapkan terlebih dahulu sampo bar tersebut ke tangan
4. Lalu, aplikasikan pada seluruh rambut
5. Pijat-pijat secara perlahan dan bilas menggunakan air biasa.

(brl/mal)