Tanpa semir dan henna, ini cara menghitamkan kembali rambut beruban pakai 2 bahan dapur

7 November 2023 22:10 WIB

Brilio.net - Uban umumnya muncul saat seseorang mulai menua atau pada umur 30 tahun. Hal ini terjadi karena produksi melanin pada folikel rambut mulai menurun. Sehingga rambut akan tumbuh memutih dan tak lagi mendapatkan pigmen alami rambut.

Namun uban tak hanya dialami oleh orang yang sudah menua saja lho. Tetapi anak muda atau remaja juga bisa beruban. Ada banyak faktor yang memicu kondisi ini. Seperti genetik, hormon, gaya hidup, seringnya melakukan styling rambut, dan faktor stres.

Meski uban adalah hal yang umum dialami oleh setiap orang, namun kemunculannya cukup mengganggu penampilan. Sehingga tak heran banyak orang mencari cara untuk menghitamkan rambut beruban. Ada yang melakukan semir atau mewarnai menggunakan henna. Padahal ada bahan-bahan alami yang juga bisa kamu coba untuk menghitamkan uban.

Seperti unggahan dari akun TikTok @nicputra pada 7 September 2020, yang membagikan cara menghitamkan kembali rambut beruban pakai 2 bahan dapur, yakni bubuk kopi dan minyak kelapa.

"TIPS menghitamkan rambut secara alami!," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @nicputra, Selasa (7/11).

Hitamkan kembali uban pakai 2 bahan dapur
freepik.com

Kopi adalah minuman yang banyak dikonsumsi untuk menghilangkan kantuk. Hal ini berkat kandungan kafein yang tinggi di dalamnya. Selain itu, minuman yang juga kaya akan antioksidan ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala lho. Salah satunya adalah menghitamkan uban.

Kopi sangat bermanfaat jika kamu ingin mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut secara alami. Kopi memiliki pigmen gelap, sehingga bisa bertindak sebagai noda pada rambut. Ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk menyembunyikan uban dan memiliki rambut cokelat atau hitam.

Sementara minyak kelapa, juga umum digunakan sebagai bahan alami yang ampuh menghitamkan uban dan mencegah tumbuhnya uban. Minyak kelapa memiliki kandungan polifenol yang kaya akan antioksidan, serta vitamin E. Kandungan ini bagus untuk regenerasi sel serta meningkatkan kehitaman rambut.

Kandungan asam lemak dan vitamin di dalamnya juga dipercaya bisa membantu mempertahankan kadar protein dan memberi asupan nutrisi untuk mencegah lunturnya melanin pada rambut.

Hitamkan kembali uban pakai 2 bahan dapur
TikTok/@nicputra

Bahan-bahan dapur tersebut dapat kamu jadikan menjadi masker rambut yang efektif untuk menghitamkan uban. Bahkan masker rambut ini juga bisa membuat rambutmu lebat dan antirontok. Yuk, simak cara membuat dan memakainya.

Bahan:

1. 2-3 sendok makan bubuk kopi
2. Minyak kelapa secukupnya

Hitamkan kembali uban pakai 2 bahan dapur
TikTok/@nicputra

Cara membuat dan memakai:

1. Tuangkan bubuk kopi pada wadah yang bersih
2. Tambahkan minyak kelapa lalu aduk sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Aplikasikan pada rambut, khususnya akar rambut dan bagian rambut yang beruban secara menyeluruh
4. Diamkan selama 10-15 menit
5. Bilas menggunakan sampo dan kondisioner
6. Lakukan metode ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang hitam merata.

(brl/ola)