Tanpa semir hitam di salon, ini trik menunda tumbuhnya uban hanya pakai masker dari 3 bahan alami

21 / 05 / 2024 20:45 WIB

Brilio.net - Uban menjadi salah satu tanda penuaan yang muncul saat seseorang berusia 30 tahun ke atas. Kondisi ini terjadi karena seiring bertambahnya usia seseorang, produksi melanin sebagai pigmen alami rambut mulai mengalami penurunan. Alasan itulah penyebab helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna, sehingga uban berwarna putih keabu-abuan.

Meski menjadi tanda penuaan, uban nyatanya juga bisa tumbuh lebih cepat lho. Bahkan saat seseorang masih tergolong muda atau remaja. Kondisi ini disebut dengan uban prematur.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, di antaranya adalah genetik, perubahan hormonal, terlalu sering melakukan styling menggunakan alat pemanas dan semir kimia, penyakit tertentu, efek stres, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Adanya uban di kepala memang cukup mengganggu penampilan, apalagi bagi seseorang yang masih muda. Tak heran banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi atau menunda tumbuhnya uban. Ada yang melakukan semir hitam menggunakan pewarna kimia di salon, memakai berbagai produk hair care, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Semir hitam di salon memang menjadi cara efektif untuk mengatasi tampilan uban. Namun cara ini tidaklah permanen, kamu perlu melakukan semir secara terus-menerus saat rambut uban lebih banyak muncul. Padahal, melakukan semir rambut terlalu sering dapat merusak kesehatan rambut lho.

Solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai upaya untuk menunda munculnya uban. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @iamthatgirl816, yang justru mamakai 3 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah kuning telur, jeruk peras atau jeruk nipis, dan minyak zaitun.

foto: TikTok/@iamthatgirl816

Manfaat kuning telur untuk mencegah tumbuhnya uban.

Kuning telur memiliki kandungan protein dan antioksidan yang dinilai mampu mencegah tumbuhnya uban. Tak hanya itu saja, bahan alami ini juga efektif untuk memperkuat folikel rambut dan membuatnya lebih subur. Kuning telur juga akan memberikan nutrisi untuk rambut dan kulit kepala agar sehat dan bebas dari berbagai permasalahan rambut.

Kandungan jeruk peras atau jeruk nipis untuk menunda munculnya uban.

Jeruk peras atau jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya ternyata efektif untuk menunda munculnya uban lho. Selain vitamin C, kandungan antioksidan di dalamnya juga berperan penting untuk memelihara sel-sel pigmen pada folikel rambut dan mencegah uban tumbuh lebih banyak.

Minyak zaitun dapat mengatasi uban agar tak tumbuh lebih banyak.

Minyak zaitun dipercaya dapat mengatasi rambut beruban. Pasalnya minyak ini memiliki kandungan antioksidan dan asam lemak yang dapat menebalkan dan menghitamkan rambut. Kandungan antioksidan didalamnya lah yang juga berperan untuk mencegah tumbuhnya uban agar tak semakin banyak.

Mengandalkan tiga bahan alami tersebut kamu bisa membuat masker rambut yang diklaim mampu menunda tumbuhnya uban. Tak hanya itu saja, masker alami ini juga mampu menyehatkan rambut dan kulit kepala lho. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @iamthatgirl816, Selasa (21/5).

foto: TikTok/@iamthatgirl816

Bahan:

- 1 butir kuning telur
- 1 buah jeruk peras atau jeruk nipis
- 2 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada akar rambut dan kulit kepala secara menyeluruh
4. Pijat-pijat selama 5-10 menit dengan lembut agar lebih meresap

foto: TikTok/@iamthatgirl816

5. Diamkan selama 1 jam lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan membilasnya menggunakan sampo dan kondisioner
7. Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut hitam alami bebas uban.