Tanpa semir mahal di salon, ini cara menggelapkan tampilan uban hanya pakai 2 jenis bahan minuman

14 / 05 / 2024 20:10 WIB

Brilio.net - Ada banyak tanda penuaan yang muncul ketika seseorang memasuki usia senja, seperti kulit yang mulai mengendur, munculnya kerutan dan garis halus, kulit keriput, hingga munculnya uban atau rambut putih di kepala. Ya, tanda penuaan itu tidak hanya bisa dilihat di wajah saja, tetapi juga pada rambut.

Uban menjadi salah satu tanda penuaan yang muncul di usia 30 tahun ke atas. Meski tak menutup kemungkinan, uban juga bisa muncul lebih cepat, bahkan saat seseorang masih muda atau remaja. Nah, uban yang muncul pada usia remaja ini disebut dengan uban prematur.

Uban muncul karena menurunnya produksi melanin sebagai pigmen alami rambut, sehingga helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen sempurna. Hal ini lah yang menjadikan uban atau helaian rambut tadi berwarna putih keabu-abuan.

Selain faktor usia, uban juga bisa lebih cepat muncul karena beberapa faktor lain. Sebut saja diantaranya genetik, perubahan hormonal, terlalu sering melakukan styling menggunakan alat pemanas dan semir kimia, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa faktor tersebut akan merusak melanin dalam jaringan rambut dan menyebabkan munculnya uban.

Adanya uban di kepala memang cukup mengganggu penampilan, sehingga tak heran jika banyak orang mencari cara untuk menyamarkannya. Tak sedikit yang memanfaatkan semir sachet yang dijual di pasaran atau melakukan pengecatan rambut di salon. Hasilnya memang efektif, namun sayangnya kandungan kimia pada semir tersebut justru akan merusak kesehatan rambut, lho.

Tak perlu khawatir, karena kamu masih bisa menggelapkan rambut beruban di kepala dengan bahan-bahan alami. Salah satu akun TikTok @dancingfrogiz misalnya, yang memakai 2 bahan minuman untuk menggelapkan uban. Bahan minuman yang dimaksud adalah bubuk kopi dan bubuk cokelat. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu kondisioner.

Menggelapkan tampilan uban tanpa semir mahal salon
Berbagai sumber/Berbagai sumber

Manfaat bubuk kopi untuk menggelapkan tampilan uban.

Kopi adalah minuman yang umum dikonsumsi orang untuk menghilangkan kantuk. Ini karena kandungan kafein dalam kopi cukup tinggi, sehingga bikin beberapa orang bisa tidur setelah meminumnya. Minuman yang kaya antioksidan ini ternyata punya berbagai manfaat untuk kesehatan rambut, salah satunya adalah menggelapkan atau menyamarkan tampilan uban.

Kopi memiliki pigmen gelap, sehingga bisa bertindak sebagai noda atau stain pada rambut. Sebagaimana dilansir dari laman Healthline, kandungan kafein dalam kopi memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, melembutkan rambut, memberi kilau secara alami, hingga dapat mengurangi tampilan uban.

Kandungan bubuk cokelat untuk mengatasi uban di kepala.

Bubuk cokelat atau cacao powder ternyata bisa membantu mengatasi uban di kepala lho. Hal itu berkat kandungan zat besi dan tembaga di dalamnya. Dua kandungan nutrisi tersebut, baik untuk mencegah rambut beruban serta mencegah berbagai tanda penuaan dini. Tembaga berguna untuk produksi melanin yang akan memberi warna alami pada rambut, sedangkan zat besi dapat mencegah munculnya uban di usia dini.

Kondisioner dapat menghaluskan dan menjaga kelembapan rambut.

Kondisioner merupakan produk perawatan rambut yang bekerja dengan memberikan kelembapan pada folikel rambut. Penggunaan secara rutin akan membuat tekstur rambut jadi lebih halus dan mudah diatur. Nah, produk hair care ini ditambahkan untuk tetap menjaga kelembapan rambut dalam proses perawatan.

Cukup dengan dua bahan minuman tersebut, kamu bisa membuat masker penggelap rambut yang dipercaya mampu menyamarkan tampilan uban. Bahkan rambut kamu juga jadi lebih sehat, kuat, dan berkilau alami. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dancingfrogiz, Selasa (14/5).

Bahan:

Menggelapkan tampilan uban tanpa semir mahal salon
Berbagai sumber/Berbagai sumber

- 1 cup bubuk kopi
- 1 cup bubuk cokelat
- Air hangat secukupnya
- Kondisioner secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

Menggelapkan tampilan uban tanpa semir mahal salon
Berbagai sumber/Berbagai sumber

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh.
4. Diamkan selama 1 jam atau lebih.
5. Bilas menggunakan air dan lanjutkan dengan penggunaan sampo.
6. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut gelap bebas tampilan uban.