Tanpa semir sachet, ini trik menyamarkan tampilan uban agar rambut hitam alami pakai 1 bahan minuman

16 / 05 / 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Berbagai tanda penuaan akan mulai muncul saat seseorang memasuki usia senja. Beberapa tanda penuaan yang dimaksud adalah kulit kendur, keriput, hingga munculnya uban. Adanya uban di kepala memang cukup mengganggu penampilan, sehingga banyak yang mengatasinya dengan melakukan semir rambut.

Tak sedikit yang memilih cara instan menggunakan produk semir sachet di pasaran dengan kandungan kimia di dalamnya. Padahal, jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, semir sachet tersebut justru akan merusak kesehatan rambut. Pasalnya, rambut akan mudah rapuh, kering, dan kusut.

Uban sendiri merupakan kondisi yang umum terjadi dan pasti dialami oleh semua orang jika sudah memasuki usia lanjut. Biasanya uban akan tumbuh pada seseorang yang berusia 30 tahun ke atas. Meski begitu, tak menutup kemungkinan jika uban juga bisa tumbuh pada orang yang masih remaja.

Bukan tanpa alasan, kondisi ini terjadi karena beberapa faktor, seperti genetik, hormonal, penyakit tertentu, terlalu sering menggunakan alat styling yang terlalu panas dan bergonta-ganti warna rambut, efek stres, hingga penyakit tertentu.

Selain faktor penuaan, berbagai faktor tersebut akan merusak produksi melanin pada folikel rambut, sehingga helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna. Hal ini lah yang menyebabkan uban memiliki warna putih keabu-abuan.

Mungkin bagi beberapa orang tampilan uban tidak lah menjadi masalah yang berarti. Namun bagi sebagian lainnya, uban di kepala dapat menurunkan kepercayaan diri, sehingga banyak yang mencari cara untuk menyamarkannya. Nah, jika takut rambut rusak karena penggunaan semir sachet, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan dari seorang pengguna TikTok dengan nama akun @pameteexplica, yang justru hanya memakai 1 bahan minuman. Bahan minuman yang dimaksud adalah teh hitam atau black tea.

foto: TikTok/@pameteexplica

Kandungan black tea untuk menyamarkan tampilan uban.

Teh hitam dapat meningkatkan melanin dan keratin pada helai rambut sehingga mampu mengembalikan pigmen alami rambut. Selain itu, teh ini juga efektif menutupi warna uban yang telah tumbuh, sehingga dapat menyamarkan tampilan uban agar kembali hitam merata. Pigmen gelap dari teh hitam dapat menjadi pewarna alami untuk menyamarkan uban jadi tampak lebih gelap.

Dilansir dari Healthline, kafein dalam teh hitam juga dipercaya mampu mencapai folikel rambut dan mencegah DHT, yang merupakan hormon yang berperan dalam kerontokan rambut pada orang yang menderita kebotakan. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya juga dapat mengurangi stres yang menjadi salah satu penyebab tumbuhnya uban prematur.

Hanya dengan teh hitam atau black tea saja, kamu bisa membuat masker penghitam rambut yang efektif menyamarkan tampilan uban. Penggunaan yang rutin juga akan membuat rambut jadi lebih kuat dan bebas rontok. Berikut cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @pameteexplica, Kamis (16/5).

foto: TikTok/@pameteexplica

Bahan:

- 1 gelas air
- 3 kantung teh hitam

foto: TikTok/@pameteexplica

Cara membuat dan menggunakan:

1. Masukkan air pada panci dan masak hingga mendidih
2. Tambahkan teh hitam lalu masak kembali sampai air berubah warna jadi menghitam
3. Matikan kompor lalu tunggu hingga agak dingin
4. Ambil kuas kecil lalu aplikasikan air hasil rebusan teh hitam pada rambut
5. Lakukan secara menyeluruh, khususnya yang terdapat uban
6. Diamkan selama semalaman atau 2-3 jam
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Ulangi cara ini setiap hari atau 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.