Tanpa tambahan aloe vera, trik atasi rambut kering dan bercabang ini cuma butuh 2 bahan alami

07 / 05 / 2024 20:10 WIB

Brilio.net - Banyak orang yang memperhatikan kesehatan dan keindahan rambutnya. Namun, tak sedikit juga yang justru mengabaikan kesehatan rambut. Karena itulah rambut jadi mudah rusak, seperti terlalu kering, rapuh, kusut, dan bercabang. Rambut kering dan bercabang tidak hanya merusak penampilan, tapi juga mengurangi rasa percaya diri.

Rambut kering adalah kondisi yang terjadi saat kulit kepala tidak menghasilkan minyak yang cukup untuk melembapkan rambut. Kondisi rambut ini juga bisa muncul karena batang rambut tidak dapat menyerap atau mempertahankan kelembapan alaminya. Akibatnya, rambut jadi bercabang, kasar, kusut, dan mudah patah.

Selain karena kurangnya kelembapan, penyebab rambut kering dan bercabang, antara lain kekurangan nutrisi, perubahan hormonal, terlalu sering keramas, paparan zat kimia, dan masih banyak hal lainnya. Rambut yang bercabang biasanya sangat kering, rapuh, dan terlihat terbelah menjadi dua pada bagian ujungnya.

Tak hanya itu, rambut bercabang juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih dan tidak tercukupinya asupan nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut. Bahkan gaya hidup seperti terlalu sering berenang di air berkaporit, mewarnai rambut menggunakan pewarna kimia, serta terlalu sering melakukan styling menggunakan alat pemanas juga mampu membuat rambut jadi kering serta bercabang.

Banyak yang menganggap, cara mengatasi rambut kering dan bercabang adalah dengan memotongnya. Namun sebenarnya ada cara mengatasi rambut kering selain memotongnya lho. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami. Biasanya, bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi rambut kering dan bercabang adalah aloe vera atau lidah buaya.

Aloe vera memang efektif untuk menambah kelembapan rambut dan kulit kepala. Namun ternyata, ada lho bahan alami yang tak kalah ampuh dari aloe vera untuk membantu mengatasi rambut kering dan bercabang. Bahkan bahan alami ini juga mampu menutrisi rambut agar lebih sehat. Seperti dibagikan salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @skincare.indo, yang hanya memakai kuning telur dan petroleum jelly.

foto: TikTok/@skincare.indo

Kandungan kuning telur untuk mengatasi rambut kering dan bercabang.

Mengutip Healthline, kuning telur kaya akan vitamin A dan E, biotin, serta folat. Hal tersebut membuatnya dipercaya dapat memberikan nutrisi untuk mencegah rambut rusak. Tak hanya itu, kuning telur juga mengandung lemak sehat yang disebut dengan lesitin, yang berfungsi sebagai emolien.

Penggunaannya sebagai masker dapat membuat rambut terasa halus karena kelembapannya terjaga. Karena itu, rambut lebih lembut, mudah diatur, dan lebih berkilau. Bahkan kandungan proteinnya yang tinggi juga mampu mengatasi rambut kusut, bercabang, dan mengembang.

Manfaat petroleum jelly untuk melembapkan rambut terlalu kering.

Selain dapat melembapkan area kulit yang kering, rupanya petroleum jelly memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Ini berkat kandungan mineral oil, petroleum oil, dan lilin alami pada petroleum jelly yang mampu menciptakan lapisan pelindung untuk mencegah hilangnya kelembapan pada batang rambut. Dengan begitu, pemakaian petroleum jelly dapat mengunci dan mempertahankan kelembapan, memperkuat, dan mencegah terjadinya kerusakan rambut.

Mengandalkan dua bahan alami tersebut, kamu bisa membuat masker yang diklaim mampu mengatasi rambut kering dan bercabang. Penggunaan yang rutin juga akan membuat rambut jadi lebih lembut dan mudah diatur. Berikut cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @skincare.indo, Selasa (7/5).

foto: TikTok/@skincare.indo

Bahan:

- 1 butir kuning telur
- 1/2 sendok teh petroleum jelly

Cara membuat dan menggunakannya:

1. Pecahkan telur dan ambil kuningnya saja.
2. Tambahkan petroleum jelly lalu aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Aplikasikan pada bagian akar rambut dan ujung rambut yang bercabang.
4. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap.

foto: TikTok/@skincare.indo

5. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Lanjutkan dengan penggunaan sampo dan kondisioner yang mengandung pelembap ekstra.
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang lembut dan bebas cabang.