Tanpa tambahan daun rosemary, begini trik olah sampah dapur untuk lebatkan rambut

12 Oktober 2024 09:00 WIB

Brilio.net - Rambut tipis merupakan kondisi di mana jumlah atau diameter helai rambut lebih sedikit dibandingkan rambut normal. Banyak orang yang memiliki rambut tipis secara genetik, tetapi beberapa faktor eksternal seperti penggunaan alat pemanas berlebihan, stres, kurangnya nutrisi, atau perubahan hormon juga dapat memengaruhi ketebalan rambut.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pemilik rambut tipis adalah kesulitan dalam mendapatkan volume yang diinginkan. Rambut tipis cenderung mudah jatuh, tidak bervolume, dan terkadang sulit untuk ditata. Sejumlah orang merasa kurang percaya diri karena kurangnya volume dan kesan rambut yang lepek. Jadi tak heran jika banyak orang menccari cara untuk mengatasinya.

Kamu bisa memilih banyak cara, salah satunya pemilihan produk perawatan rambut yang tepat, dan gunakan sampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk menambah volume pada rambut. Kamu juga bisa menghindari produk yang terlalu berat atau mengandung minyak berlebih, karena dapat membuat rambut semakin lepek dan terlihat lebih tipis.

Trik olah sampah dapur untuk lebatkan rambut
TikTok/@beauty.and.diy06

Selain itu, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @beauty.and.diy06. Lewat unggahannya, pemilik akun mengolah sampah dapur untuk melebatkan rambut tipis. Sampah dapur yang dimaksud adalah kulit bawang merah. Begini cara mengolah dan menggunakannya, yang briliobeauty.net lansir pada Jumat (11/10).

Bahan:

- Segenggam kulit bawang merah
- 1 cup air

Trik olah sampah dapur untuk lebatkan rambut
TikTok/@beauty.and.diy06

Cara mengolah dan menggunakan:

1. Masukkan kulit bawang merah pada panci
2. Tambahkan air dan masak menggunakan api sedang selama kurang lebih 10 menit
3. Matikan kompor lalu diamkan selama 2 jam
4. Saring air rebusan kulit bawang merah
5. Tuangkan ke dalam botol spray
6. Semprotkan secara menyeluruh pada kulit kepala dan akar rambut
7. Pijat-pijat selama 5 menit
8. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari atau 2 hari sekali untuk mendapatkan rambut yang lebat secara alami.

Trik olah sampah dapur untuk lebatkan rambut
TikTok/@beauty.and.diy06

Kandungan dan manfaat kulit bawang merah untuk melebatkan rambut tipis.

Kulit bawang merah mengandung senyawa sulfur tinggi, yang penting untuk produksi kolagen. Kolagen adalah komponen yang membantu memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Sulfur juga membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga folikel rambut mendapatkan lebih banyak nutrisi dan oksigen, yang pada akhirnya mempercepat pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

(brl/ola)