Tanpa tambahan jeruk nipis, trik atasi ketombe membandel ini cuma pakai 1 jenis produk fermentasi

26 Agustus 2024 20:45 WIB

Brilio.net - Ketombe membandel adalah masalah kulit kepala yang sering kali membuat frustrasi, terutama ketika berbagai metode perawatan tidak dapat mengatasinya. Ketombe terjadi ketika kulit kepala mengalami pengelupasan sel-sel mati yang berlebihan, dan ini bisa disertai dengan rasa gatal, kemerahan, dan iritasi.

Meskipun biasanya dapat diatasi dengan sampo antiketombe dan perawatan topikal lainnya, dalam beberapa kasus, ketombe dapat menjadi sangat membandel, dan sulit dihilangkan. Salah satu penyebab utama ketombe yang membandel adalah adanya ketidakseimbangan pada mikrobioma kulit kepala.

Kulit kepala, dihuni oleh berbagai jenis mikroorganisme, termasuk jamur dan bakteri. Salah satu penyebab umum ketombe adalah pertumbuhan berlebihan jamur Malassezia, yang dapat menyebabkan iritasi dan pengelupasan kulit kepala. Jika tidak diatasi dengan benar, masalah ini dapat berlanjut dan membandel, membuat ketombe menjadi lebih sulit dihilangkan.

Selain itu, faktor seperti stres, perubahan hormon, dan diet yang tidak seimbang juga dapat memperburuk kondisi ketombe. Namun tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami. Meski bahan alami, namun jika digunakan dengan rutin, kamu akan mendapatkan hasil yang optimal.

foto: TikTok/@lifewjan

Seperti video unggahan yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @lifewjan, yang memanfaatkan produk fermentasi untuk mengatasi ketombe membandel. Produk yang dimaksud adalah cuka apel. Yuk, simak cara membuat dan memakainya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir pada Senin (26/8).

Bahan:

- 1-2 sendok makan cuka apel
- 100-200 ml air bersih

foto: TikTok/@lifewjan

Cara membuat dan memakai:

1. Siapkan botol semprot atau botol khusus untuk perawatan rambut yang bersih
2. Tuangkan air lalu tambahkan cuka apel
3. Kocok-kocok keduanya sampai tercampur merata
4. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh dan diamkan selama 5-10 menit
5. Bilas menggunakan air dan lanjutkan dengan sampo
6. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat bebas ketombe.

foto: TikTok/@lifewjan

Kandungan dan manfaat cuka apel untuk mengatasi ketombe membandel.

Cuka apel telah lama digunakan sebagai solusi alami untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk ketombe membandel. Cuka apel, atau apple cider vinegar, memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat mengatasi ketombe dengan mengurangi pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Salah satu alasan utama mengapa cuka apel efektif dalam mengatasi ketombe adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan pH kulit kepala. Kulit kepala yang terlalu asam atau terlalu basa dapat memicu iritasi dan pembentukan ketombe.

Cuka apel, dengan sifat asamnya, membantu menetralkan pH kulit kepala, menciptakan lingkungan yang kurang bersahabat bagi jamur penyebab ketombe. Selain itu, cuka apel juga dapat membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari kulit kepala, yang sering kali menjadi faktor penyebab ketombe.

(brl/lea)