Tanpa tonic penumbuh, wanita ini bagikan cara suburkan rambut botak akibat rontok pakai 2 bumbu dapur

22 / 04 / 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Rambut rontok menjadi permasalahan yang cukup mengganggu. Tidak hanya dari segi penampilan, namun juga kesehatan. Pasalnya, rambut rontok secara berlebih, tidak menutup kemungkinan akan berujung pada kebotakan.

Normalnya dalam sehari seseorang bisa kehilangan sekitar 50-100 helai rambut. Jika jumlah helai rambut yang rontok melebihi angka tersebut, kamu harus berhati-hati, karena jika tidak ditangani, kamu bisa mengalami kebotakan di sebagian kepala atau keseluruhan kepala.

Kondisi ini tentu disebabkan berbagai faktor, diantaranya riwayat penyakit, stres, pengaruh hormon, kehamilan, diet rendah kalori atau karbohidrat, pubertas dan menopause. Selain itu, faktor lingkungan yakni paparan sinar matahari, dapat menjadi pemicu kerapuhan rambut dan masalah kebotakan.

Tak hanya itu saja, gaya hidup yang tidak sehat hingga terlalu sering melakukan styling rambut menggunakan alat pemanas dan pewarna kimia dapat membuat rambut cepat rusak, rontok, sampai mengalami kebotakan. Dari banyak faktor penyebab tersebut, faktor genetik atau keturunan jadi yang paling umum dan paling banyak menyebabkan kebotakan.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami masalah ini, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Banyak orang memanfaatkan tonic penumbuh yang dijual di pasaran untuk mengatasi kebotakan di kepalanya. Padahal ada cara lain yang lebih murah dan tak kalah efektif lho. Karena kamu hanya perlu memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @scrubtiousinc pada 19 Mei 2022, yang berisi tentang cara suburkan rambut botak akibat rontok pakai 2 bumbu dapur, yakni jahe dan bawang merah.

Suburkan rambut botak akibat rontok
TikTok/@scrubtiousinc

Kandungan jahe untuk menumbuhkan rambut botak.

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur atau rempah yang memiliki manfaat cukup besar bagi kesehatan dan kecantikan kulit maupun rambut, termasuk untuk mendukung pertumbuhan rambut. Dilansir dari laman Healthline, jahe memiliki kandungan vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi.

Selain itu, jahe juga memiliki kandungan lain, seperti gingerol, shogaol, dan zingerones. Dari semua kandungan yang terdapat dalam jahe, gingerol memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang sangat kuat dan berperan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Berkat kandungan tersebut jahe dipercaya mampu mengurangi rambut rontok berkat aliran darah ke kulit kepala yang jadi lebih lancar. Bahkan, kandungan asam lemak di dalam jahe juga sangat baik untuk mempertebal sekaligus menyuburkan rambut. Kandungan vitamin, mineral, dan asam lemak yang ada dalam jahe juga bisa memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan.

Manfaat bawang merah untuk menumbuhkan rambut rontok.

Salah satu manfaat bawang merah untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut yang mudah rontok hingga mengalami kebotakan. Dilansir dari Healthline, bawang merah kaya akan senyawa antioksidan, seperti quercetin, kaempferol, dan allicin.

Antioksidan ini dapat melindungi sel-sel yang ada di dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Salah satunya adalah dengan mencegah rontok berlebih dan menumbuhkan rambut yang botak.

Mengandalkan dua bumbu dapur tersebut, kamu bisa membuat masker penumbuh rambut botak alami yang ampuh menyuburkan rambut botak dan mencegah kerontokan berlebih. Berikut cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @scrubtiousinc, Minggu (21/4).

Suburkan rambut botak akibat rontok
TikTok/@scrubtiousinc

Bahan:

- 1 ruas jahe besar
- 1 siung bawang merah besar
- 2 cup air

Cara membuat dan menggunakan:

1. Iris-iris jahe dan bawang merah menjadi bagian yang lebih kecil
2. Masukkan pada panci dan tambahkan air
3. Masak selama 20 menit sampai mendidih dan air berubah warna
4. Matikan kompor lalu diamkan sampai dingin
5. Saring lalu ambil airnya saja
6. Kamu bisa menambahkan essential oil seperti rosemary atau peppermint oil untuk memaksimalkan manfaat dari masker ini
7. Aplikasikan pada rambut secara menyeluruh
8. Diamkan selama 20 menit sembari di pijat-pijat agar lebih meresap
9. Bilas menggunakan air dan sampo favoritmu
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Suburkan rambut botak akibat rontok
TikTok/@scrubtiousinc