Tumbuh lebat dalam 15 hari, ini cara atasi kebotakan rambut akibat rontok pakai 1 jenis daun

17 Juli 2023 23:01 WIB

Brilio.net - Memiliki rambut yang terlihat lembut, sehat, dan kuat tentunya menjadi impian bagi kebanyakan orang. Selain dapat meningkatkan kepercayaan diri, rambut yang sehat dan kuat juga dapat mencerminkan kesan baik bagi orang lain. Makanya tidak mengherankan jika banyak orang, rela menata rambutnya sedemikian rupa agar terlihat bagus dan rapi.

Selain proses penataan, perawatan rambut juga perlu diperhatikan. Proses ini penting untuk mencegah rambut dari berbagai masalah, seperti rontok dan patah. Terdapat beberapa alasan yang dapat mempercepat dan memperbanyak jumlah rontok dan patahnya rambut itu sendiri. Beberapa di antaranya seperti paparan panas berlebihan dari alat styling, polusi udara, dan sinar matahari.

Selain itu, faktor-faktor lain seperti minimnya nutrisi rambut yang didapatkan dari konsumsi makan minum sehari-hari pun seringkali tidak disadari dapat berpengaruh pada kesehatan rambut. Jika kamu dihadapkan pada problematika ini, nggak perlu panik kok. Pasalnya, ada solusi sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Seperti yang dilansir briliobeauty.net pada Senin (17/7) dari @fashion_culture70 via Instagram. Dalam hal ini, kamu tinggal memanfaatkan beberapa bahan dapur berupa daun kari (salam koja) bersama dengan biji fenugreek. Daun kari mengandung senyawa alkaloid seperti murrayakonin, girinimbin, dan girinimbine yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan.

foto: freepik.com

Sifat tersebut membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan menghilangkan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan rambut rontok. Beta-karoten adalah senyawa yang memberikan warna oranye pada daun kari dan juga berperan sebagai prekursor vitamin A. Vitamin A penting untuk pertumbuhan sel rambut yang sehat dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Daun kari mengandung zat besi yang membantu memastikan pasokan darah yang cukup ke folikel rambut dan mencegah rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Sedangkan biji fenugreek sendiri memiliki kandungan yang kaya akan protein, lemak sehat, vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti zat besi dan fosfor. Kandungan protein dalam biji fenugreek membantu memperkuat akar rambut dan mempromosikan pertumbuhan rambut baru.

foto: freepik.com

Selain itu, biji fenugreek juga memiliki sifat antiinflamasi dan antiradang yang membantu mengurangi peradangan di kulit kepala dan meredakan kegatalan yang mungkin terkait dengan kebotakan rambut. Nah, kamu bisa memanfaatkan kedua bahan di atas dengan menyulap keduanya menjadi sebuah hairspray melalui beberapa langkah berikut.

Alat dan bahan:

1. Daun kari/salam koja secukupnya
2. 1 sendok makan Biji fenugreek
3. Botol spray kosong dan bersih
4. Air secukupnya.

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@fashion_culture70

1. Masukkan beberapa helai daun kari dan 1 sendok makan biji fenugreek ke dalam wajan berisi air
2. Panaskan kedua bahan tadi selama 5-7 menit hingga berubah warna menjadi kuning pekat
3. Setelahnya, dinginkan selama beberapa saat lalu tuangkan dalam botol spray kosong
4. Tambahkan 1 kapsul vitamin E bila ada (opsional)
5. Aplikasikan dengan menyemprotnya ke pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut sembari dipijat-pijat
6. Diamkakan selama kurang lebih 45 menit
7. Setelahnya, basuh hingga bersih dan lanjutkan keramas dengan sampo seperti biasa.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by fashion_culture70 (@fashion_culture70)

(brl/mal)