Wanita ini bagikan racikan 3 produk hair care atasi rambut kusut, hasilnya jadi auto halus dan lembap

28 / 05 / 2024 13:10 WIB

Brilio.net - Rambut kusut menjadi tanda kondisi rambut yang sangat kering. Rambut kusut tak terjadi begitu saja, tapi diawali dari rambut yang kehilangan kelembapan alaminya, lalu kutikula (lapisan luar rambut) menjadi terbuka dan kasar. Hal ini bikin helai rambut lebih mudah saling menempel dan bergesekan.

Saat rambut kering dan kasar saling bergesekan, termasuk dengan benda seperti bantal atau pakaian, rambut bisa saling terkait dan membentuk simpul atau kusut sehingga sulit diurai. Agar rambut halus dan lembap kembali kamu perlu melakukan perawatan secara rutin. Kamu bisa mengaplikasikan hair care, mulai dari kondisioner yang bisa menghaluskan kutikula rambut sehingga membuat rambut mudah saat disisir dan mengurangi gesekan.

Kemudian melakukan perawatan deep conditioning seminggu sekali untuk memberikan kelembapan ekstra pada rambut. Produk deep conditioning diklaim bisa menembus lebih dalam batang rambut, sehingga bisa memperbaiki rambut rusak.

Selain menggunakan cara di atas, kamu bisa menggunakan trik yang dibagikan TikToker bernama Vivi. Dalam unggahan video di akun TikTok @vivianvil, ia membagikan racikan dua produk hair care yaitu hair mask dan hair oil. Kemudian dikombinasikan dengan baby oil.

"Resep hair mask viral TikTok," keterangan dalam video. Nah, cara membuat hair mask ini cukup mudah, antara lain:

foto: TikTok/@vivianvil

1. Masukkan hair mask ke dalam mangkuk sebanyak tiga sendok
2. Tambahkan hair oil satu sendok makan
3. Tuangkan baby oil satu sendok makan
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Oleskan racikan sesudah keramas
6. Aplikasikan mulai dari ujung kemudian menjalar ke atas
7. Tunggu selama 10 hingga 20 menit
8. Bilas dan keringkan, gunakan racikan hair mask ini sesudah keramas.

"Untuk hasilnya menurutku ini memang bikin rambut jadi lebih smooth. Jatuhnya dia kayak lebih lemes. Terus bagian yang kering berasa lebih lembap. So far aku suka sama hasilnya. Bagi kamu yang rambutnya ngembang dan kering bisa pakai resep hair mask ini," ujar Vivi.

Manfaat dari baby oil, hair mask, dan hair oil untuk rambut kusut.

Cara mengatasi rambut kusut ala Vivi memanfaatkan baby oil, hair mask, dan hair oil. Semua produk tersebut pastinya punya manfaat tersendiri bagi kesehatan rambut kamu. Mulai dari hair oil, produk hair care ini biasanya terbuat dari minyak argan, minyak jojoba, atau minyak kelapa yang memberikan hidrasi pada rambut. Berbagai jenis minyak membantu menutupi kutikula rambut, mengunci kelembapan, dan membuat rambut lebih halus dan mudah diatur.

Menggunakan hair oil dapat mengurangi gesekan antara helai rambut, sehingga mencegah rambut kusut. Minyak membuat permukaan rambut lebih licin, sehingga helai rambut tidak mudah saling terkait.

Sementara itu, hair mask merupakan perawatan intensif yang dirancang untuk menembus lebih dalam ke dalam batang rambut. Memberikan hidrasi dan nutrisi yang lebih mendalam dibandingkan dengan kondisioner biasa. Hair mask biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat memperbaiki kerusakan rambut, seperti protein, keratin, dan vitamin. Bahan-bahan tersebut membantu memperkuat struktur rambut, mengurangi kerusakan, dan membuat rambut lebih halus dan mudah diatur.

Kemudian baby oil, biasanya terbuat dari mineral oil dengan tambahan aroma yang dapat melembutkan rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Meskipun bukan produk perawatan rambut profesional, baby oil dapat memberikan kelembapan sementara yang membantu mengurangi kusut.

Baby oil bisa menjadi alternatif sementara saat kamu kehabisan hair oil atau produk perawatan rambut lainnya. Meskipun efeknya mungkin tidak sebaik hair oil khusus, baby oil tetap bisa membantu mengatasi rambut kusut dalam keadaan darurat.