11 Potret pembuatan kutek ini bikin geleng kepala, malah mirip pabrik cat tembok

22 / 05 / 2024 18:40 WIB

Brilio.net - Tak hanya menjaga penampilan wajah dan rambut saja, banyak wanita yang merawat kukunya agar terlihat cantik dan menarik. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik kuku, yaitu dengan menggunakan kutek atau cat kuku.

Kutek biasanya terdiri dari zat pewarna dan bahan pengikat yang memberikan warna dan kilau pada kuku. Umumnya, orang sering menggunakan kutek untuk mempercantik kuku mereka atau menyesuaikan penampilan dengan gaya dan mode tertentu.

Seperti yang diketahui bahwa di pasaran telah tersedia beragam kutek dengan berbagai keunggulan dan harga yang tergantung pada kualitasnya. Kamu bisa menemukan kutek peel off, kutek bening, glitter, dan lain sebagainya.

Selama ini, banyak orang yang hanya membeli kutek tanpa ingin tahu proses pembuatannya. Tak sedikit juga yang menganggap jika kutek dengan packaging cantik dan lucu diproses oleh pabrik secara otomatis menggunakan mesin-mesin canggih. Padahal, masih banyak pabrik rumahan yang membuat kutek secara manual lho, bahkan tempatnya lebih mirip dengan pabrik cat tembok.

Seperti salah satu video yang beredar di media sosial TikTok yang diunggah oleh akun @alba96official. Dalam video yang berdurasi 2 menit 57 detik tersebut tampak beberapa pekerja sedang membuat kutek secara manual. Yuk, simak 11 potretnya berikut ini yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @alba96official, Rabu (22/5).

1. Di awal proses, tampak seorang pekerja sedang menuangkan semacam cat pewarna kedalam ember besar yang tampak kotor dengan sisa cat.

foto: TikTok/@alba96official

2. Setelah itu, pekerja tersebut terlihat memasang alat pengaduk untuk membuat cat pewarna lebih encer dan tidak menggumpal.

foto: TikTok/@alba96official

3. Cat pewarna yang sudah encer kemudian dituangkan kedalam jeriken menggunakan corong. Tampak jeriken dan corong yang digunakan penuh dengan bekas cat yang tak dibersihkan.

foto: TikTok/@alba96official

4. Pekerja kemudian mengambil wadah atau jar kutek dari sebuah kardus.

foto: TikTok/@alba96official

5. Jar kutek tersebut lalu ditata untuk mempermudah memasukkan cat kutek.

foto: TikTok/@alba96official

6. Cat kutek kemudian dituangkan kedalam wadah yang lebih kecil. Tampak wadah berukuran 1 liter tersebut kotor dengan sisa cat yang mengering.

foto: TikTok/@alba96official

7. Tanpa proses pembersihan, pekerja tersebut langsung menuangkan cat kutek kedalam jar. Di proses ini, pabrik kutek tersebut lebih mirip pabrik cat tembok. Pasalnya, tangan pekerja juga tampak kotor dengan cat yang kehitaman.

foto: TikTok/@alba96official

8. Lebih lanjut, pekerja memasang klep atau pengunci untuk membuat kutek tak mudah tumpah dan mengering.

foto: TikTok/@alba96official

9. Usai klep terpasang, pekerja lalu memasang klep kedua yang nantinya akan disambungkan dengan tutup jar kutek.

foto: TikTok/@alba96official

10. Tahap selanjutnya yaitu pemasangan tutup kutek.

foto: TikTok/@alba96official

11. Langkah terakhir, kutek disusun dengan rapi dan siap dipasarkan.

foto: TikTok/@alba96official