Battle review cushion Tir Tir dan Skintific di wajah oily acne prone skin, mana lebih tahan minyak?

1 Oktober 2024 20:30 WIB

Brilio.net - Acne prone skin adalah jenis kulit yang mudah mengalami jerawat akibat produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori, atau reaksi terhadap bahan tertentu dalam produk kecantikan. Oleh karena itu, memilih produk makeup yang tepat, khususnya cushion, menjadi hal yang sangat penting.

Cushion merupakan produk makeup yang praktis dan populer karena memberikan coverage ringan hingga medium dengan hasil yang natural. Namun bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat, saat memilih cushion biasanya memerlukan pertimbangan lebih, terutama dari segi formula dan kandungan produk.

Nah, dari banyaknya cushion yang beredar di pasaran, baru-baru ini seorang beauty enthusiast dengan nama akun TikTok @crvhons, melakukan battle review 2 cushion viral. Produk yang dimaksud adalah Tir Tir Mask Fit Red Cushion dan Skintific Stay Perfect Matte Cushion. Kira-kira, jika digunakan pada kulit berminyak dan acne prone skin, mana yang lebih tahan minyak ya?

foto: TikTok/@crvhons

"Intinya semua balik ke kebutuhan kulit, perbanyak referensi review diberbagai jenis kulit biar kalian tau mana yg cocok di jenis kulit kalian," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Selasa (1/10).

Lewat unggahannya, pemilik akun yang bernama Rizki itu tampak mengaplikasikan cushion merek Skintific di sebelah kiri wajahnya. Menurutnya, produk tersebut punya formulasi high coverage, buildable, cocok untuk daily dan acara formal, dan bertekstur ringan.

foto: TikTok/@crvhons

Sementara itu, di wajahnya bagian kanan Rizki mengaplikasikan cushion dari merek Tir Tir. Nggak jauh berbeda dengan Skintific, cushion Tir Tir juga punya formulasi yang high coverage, cocok untuk acara malam dan formal, dan terdapat kandungan SPF 40 PA++.

"Minusnya Tir Tir, cepat banget keringnya, jadi harus buru-buru gitu pas nge-tap gitu lho guys. Kalau nggak, dia tuh kering dan oksidasinya tuh lumayan parah," katanya.

foto: TikTok/@crvhons

Rizki mengungkapkan jika cushion Skintific jauh lebih ringan dengan hasil akhir matte, namun tidak bikin kulit kering. Kesimpulan dari segi finish look, keduanya punya hasil akhir velvet, sama-sama punya blurring effect, dan coverage yang bagus karena bisa menutupi bekas jerawat di wajah.

Nggak sampai di situ, Rizki juga menggunakan kedua produk cushion tersebut untuk beraktivitas, guna mengetahui ketahanan minyaknya. Usai 9 jam dipakai, bagian wajah yang diaplikasikan Tir Tir tampak lebih oranye (oksidasi), sedangkan bagian Skintific masih terlihat natural.

foto: TikTok/@crvhons

"Dilihat dari kilauan di muka ya, si Tir Tir obviously terlihat lebih berminyak dibandingkan Skintific. Menurut aku untuk ketahanan minyak dan matte long-lasting, memang Skintific sih juara," pungkasnya.

(brl/jad)