Bukan ditimpa bedak atau ditambah kontur, trik atasi complexion kekuningan cuma pakai 1 produk makeup

24 Oktober 2024 22:10 WIB

Brilio.net - Memilih foundation atau cushion yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan tampilan makeup natural dan flawless. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang justru memilih produk complexion seperti foundation atau cushion yang kekuningan.

Saat seseorang menggunakan produk dengan undertone yang tidak cocok, seperti foundation dengan undertone dingin atau netral, wajah dapat tampak tidak merata dan bahkan kehilangan kesan segar. Foundation yang tidak sesuai dengan warna kulit dapat memberikan tampilan 'cakey'.

Makeup jadi terlihat menempel di permukaan kulit tanpa menyatu secara alami. Salah satu penyebab utama dari kesalahan pemilihan shades adalah kurangnya pemahaman tentang undertone kulit. Nah, jika kamu mengalami kondisi ini tak perlu risau, karena kamu bisa mengatasinya dengan mencampurnya menggunakan produk makeup lainnya.

Biasanya, kebanyakan orang akan langsung ditimpa menggunakan bedak dengan warna lebih gelap atau dicampur kontur, untuk mendapatkan warna yang sesuai dengan kulit. Trik ini justru bikin formulasi complexion yang kekuningan seperti foundation atau cushion jadi kurang baik (terlalu padat atau cair).

Solusinya, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh beauty enthusiast dengan nama akun TikTok @ymlia002. Lewat unggahannya, ia membagikan trik atasi complexion kekuningan cuma pakai 1 produk makeup. Produk makeup yang dimaksud adalah color corrector warna biru.

foto: TikTok/@ymlia002

Klo ad cushion/ foundation yg kekuningan pakein corrector biru deh," tulisnya dalam keterangan video unggahan, dikutip briliobeauty.net pada Kamis (24/10).

Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan color corrector warna biru pada complexion yang sudah diaplikasikan di wajah. Tambahkan secukupnya saja, lalu blend menggunakan beauty blender, puff, atau brush makeup. Trik ini bisa bikin complexion kamu yang kekuningan jadi lebih netral dan warnanya menyatu dengan kulit.

foto: TikTok/@ymlia002

Bukan tanpa alasan, color corrector biru efektif menetralkan foundation atau cushion yang kekuningan karena prinsip warna dalam teori warna. Dalam roda warna, biru berada di seberang kuning, sehingga kedua warna ini saling menetralkan satu sama lain.

foto: TikTok/@ymlia002

Ketika dicampurkan pada foundation atau cushion, color corrector biru dapat membantu mengurangi dan mengimbangi tampilan kekuningan pada kulit, menciptakan warna dasar yang lebih seimbang dan natural. Ini dapat menghasilkan riasan yang flawless dan menyatu.

(brl/mal)