Cocok untuk kulit kering, ini trik pakai foundation agar hasilnya anticrack dan auto flawless

25 September 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Merawat kulit kering perlu perhatian khusus. Terutama saat mengaplikasikan riasan. Saat memakai alas bedak pada kulit kering, masalah umum yang sering muncul adalah hasil akhirnya tampak pecah-pecah atau retak. Kondisi ini juga sering disebut dengan istilah makeup crack.

Bukan tanpa alasan, hal ini terjadi karena kulit kering memiliki tekstur kasar akibat kelembapan yang kurang. Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya hidrasi atau persiapan kulit yang memadai sebelum makeup. Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan menyerap kelembapan dari foundation, membuatnya terlihat kering dan pecah-pecah.

Tak heran jika penggunaan foundation pada kulit kering sering kali menjadi tantangan. Pasalnya, kulit kering cenderung membuat foundation terlihat pecah-pecah atau crack, terutama di area-area yang sangat kering seperti di sekitar hidung, dahi, atau pipi. Hasil makeup crack ini bisa membuat tampilan wajah terlihat tidak natural dan justru memperjelas tekstur kulit yang ingin disamarkan.

Nah, jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu khawatir. Kamu bisa mengatasinya dengan meniru trik yang dibagikan pengguna TikTok @cutemakeup.0. Melalui unggahan tersebut, pemilik akun tampak mencampurkan foundation dengan petroleum jelly dan bedak tabur.

foto: TikTok/@cutemakeup.0

"foundation hack," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Rabu (25/9).

Triknya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil sedikit petroleum jelly, lalu mencampurkannya dengan 1-2 pump foundation. Tak cuma itu saja, agar konsistensinya lebih light, kamu juga perlu menambahkan sedikit bedak tabur. Aduk ketiganya sampai tercampur merata.

foto: TikTok/@cutemakeup.0

Setelah itu, aplikasikan pada wajah secara menyeluruh dan blend menggunakan beauty blender agar lebih merata. Selanjutnya, lanjutkan dengan penggunaan produk makeup lainnya. Trik ini akan membuat hasil riasan anticrack dan auto flawless.

Pasalnya, petroleum jelly akan membantu menjaga kelembapan kulit tanpa membuat wajah terlihat berminyak. Hal inilah yang membuat riasan jadi lebih flawless meski diaplikasikan pada pemilik kulit kering.

foto: TikTok/@cutemakeup.0

(brl/lut)