Cuma ditambah 1 produk makeup, begini trik mixing foundation untuk oily skin agar riasan awet seharian

11 Oktober 2024 07:30 WIB

Brilio.net - Kulit berminyak atau oily skin adalah kondisi di mana kelenjar sebaceous pada kulit menghasilkan minyak (sebum) secara berlebihan. Sebum ini sebenarnya berfungsi melindungi dan menjaga kelembapan kulit, namun produksi minyak yang berlebih dapat menimbulkan masalah, terutama saat menggunakan makeup.

Salah satu tantangan utama bagi pemilik kulit berminyak adalah menjaga agar makeup, terutama foundation, tidak mudah luntur atau terlihat berantakan. Efek utama dari kulit berminyak pada makeup adalah membuat foundation sulit menempel dengan baik.

Foundation yang seharusnya memberikan tampilan halus dan merata pada wajah justru bisa terlihat pecah-pecah, cakey, atau bergeser karena kelebihan minyak. Pada kondisi yang lebih parah, makeup bisa terhapus sebagian, terutama di area T-zone (dahi, hidung, dan dagu) yang biasanya lebih berminyak dibandingkan bagian wajah lainnya.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memilih produk makeup yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Foundation yang berbasis matte dan oil-free lebih cocok untuk jenis kulit ini karena dapat membantu mengontrol minyak dan memberikan hasil akhir yang lebih halus dan tahan lama.

Tapi jika hal ini belum mengatasi minyak di wajah, kamu bisa mengikuti trik mixing foundation yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @natan.kamla. Lewat unggahannya itu, pemilik akun bernama Natan tersebut hanya menambahkan 1 poduk makeup yang dicampur dengan foundation. Produk makeup yang dimaksud adalah bedak tabur.

foto: TikTok/@natan.kamla

"Best foundation hack for oily skin," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Kamis (10/10).

Caranya mudah, pertama, siapkan wadah bersih dan spatula makeup. Kamu juga bisa menggunakan mixing palette khusus makeup. Lalu, tuangkan bedak tabur secukupnya pada mixing palette dan tambahkan foundation andalan kamu. Aduk keduanya sampai tercampur merata, hingga mendapatkan formulasi yang pas (pastikan jangan terlalu thick).

foto: TikTok/@natan.kamla

Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang sudah diaplikasikan makeup preparation secara menyeluruh. Blend menggunakan brush makeup, untuk mendapatkan hasil yang lebih merata dan antidempul. Kemudian, lanjutkan dengan mengaplikasikan produk makeup yang lain. Trik ini akan membantu kamu mendapatkan hasil riasan yang lebih matte dan tahan lama seharian, meski di wajah berminyak atau oily skin.

foto: TikTok/@natan.kamla

(brl/jad)