Jangan asal ditimpa bedak, ini trik retouch makeup di wajah super berminyak agar tetap halus anticakey

11 September 2024 04:31 WIB

Brilio.net - Retouch makeup adalah proses memperbaiki atau menyegarkan tampilan makeup di wajah, terutama saat makeup mulai memudar atau tidak terlihat merata setelah beberapa jam. Proses ini sering dilakukan dengan menambahkan produk seperti bedak, foundation, atau concealer untuk mengembalikan tampilan makeup yang halus dan flawless.

Salah satu keuntungan utama dari retouch makeup adalah kemampuannya untuk memperbaiki tampilan makeup yang memudar tanpa perlu menghapus dan memulai dari awal, sehingga menghemat waktu dan usaha. Namun, bagi wajah berminyak, retouch makeup hanya dengan menambah bedak dapat mengakibatkan beberapa masalah.

Menambah bedak pada wajah berminyak tanpa trik yang tepat dapat menyebabkan penumpukan produk, yang akhirnya membuat makeup tampak cakey. Penumpukan bedak di area yang sudah berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat atau iritasi.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, kamu perlu menyimak trik yang dibagikan oleh seorang beauty enthusiast melalui akun TikTok pribadinya @philipskwok. Lewat unggahannya itu, ia membagikan trik retouch makeup di wajah super berminyak agar riasan tetap halus dan anticakey.

foto: TikTok/@philipskwok

"Cara retouch di wajah yang super berminyak dan bedak yang longsor," tulisnya dalam keterangan video unggahannya, dilansir briliobeauty.net kutip pada Selasa (10/9).

Caranya, ambil loose powder favorit kamu, pastikan seluruh bagian puff sudah teraplikasikan powder. Setelah itu, siapkan tisu dan belah menjadi 2 bagian, namun yang digunakan 1 bagiannya saja. Bungkus puff bedak menggunakan tisu, lalu aplikasikan pada wajah yang akan di retouch. Jangan digeser, cukup ditekan-tekan dengan lembut saja.

foto: TikTok/@philipskwok

Lebih lanjut, pindahkan puff bedak pada bagian tisu yang bersih. Lakukan cara yang sama untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah. Kemudian, buang tisu dan gunakan puff yang bersih untuk menekan-nekan kembali bagian yang sudah diaplikasikan loose powder sebelumnya.

foto: TikTok/@philipskwok

Selanjutnya, aplikasikan mattifying powder menggunakan kuas. Sebelum diaplikasikan pada wajah, ketuk-ketuk brush atau kuas terlebih dahulu untuk mengurangi kelebihan produk. Aplikasikan dengan gerakan memutar di area wajah yang di-retouch. Lalu, tambahkan bedak padat dan aplikasikan sama seperti saat menggunakan mattifying powder.

foto: TikTok/@philipskwok

Nah, jika bagian wajah yang luntur sangat parah dan tampak seperti rusak sebagian, kamu bisa menggunakan foundation terlebih dahulu. Kemudian aplikasikan dengan menggunakan beauty blender yang lembap. Tap-tap dengan lembut untuk mengisi bagian yang luntur.

Agar coverage-nya lebih bagus, kamu bisa menambahkan sedikit concealer di area yang sama. Lebih lanjut, set menggunakan loose powder dengan cara yang sama seperti pengaplikasian sebelumnya. Terakhir, kunci menggunakan bedak padat agar lebih halus dan tahan lama.

(brl/mal)