Kuku selebgram ini jadi busuk usai lakukan nail art, berubah menghitam akibat jamur

21 / 06 / 2024 21:25 WIB

Brilio.net - Bagi beberapa orang menggunakan nail air adalah hal yang sangat penting untuk menunjang penampilan. Nail art diartikan sebagai seni mendekorasi kuku dengan cara melukis atau mengecat kuku memakai bahan cat khusus untuk kuku.

Saat proses nail art, kuku dianggap sebagai kanvas yang dapat dihiasi dengan berbagai macam bahan seperti cat kuku, stiker, glitter, hiasan berlian, dan gambar-gambar kecil lainnya.

Meski dapat mempercantik bagian kuku, namun ternyata nail art ternyata juga bisa menyebabkan berbagai masalah pada kuku. Penggunaan nail art secara berlebihan dapat merusak kesehatan dan keindahan alami kuku. Tak jarang kuku menjadi lebih rapuh, rusak, parahnya lagi kuku bisa busuk usai melakukan nail art.

Seperti yang dialami oleh seorang selebgram, Sarah Keihl baru-baru ini. Sarah menceritakan kisahnya melalui akun TikTok pribadinya @sarah.keihl, saat mengalami kuku busuk akibat jamur yang tumbuh di kukunya. Ini terjadi beberapa saat setelah dirinya melakukan nail art.

Sarah bercerita jika awalnya dia melakukan nail art dengan menambahkan extension di ketiga kukunya. Tujuannya untuk membuat semua kuku tangannya sama panjang.

"Nah, dari 10 kuku itu tuh cuman tiga yang di extension. Which is karena yang lainnya baik bagus-bagus aja," kata Sarah, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sarah.keihl, Jumat (21/6).

Kuku selebgram ini jadi busuk usai lakukan nail art
TikTok/@sarah.keihl

Selama pemakaian nail art, Sarah tidak mengalami dan merasakan apapun di kukunya. Namun saat di remove (proses pelepasan nail art), kuku Sarah tiba-tiba menjadi hitam, rapuh, dan tampak seperti busuk. Ternyata, hal ini terjadi akibat proses pemasangan nail art yang kurang baik.

"Nah, ternyata waktu masang kayaknya lemnya itu nggak sepenuhnya nutup atau gimana. Jadi waktu kita aktivitas kayak mandi gitu, kemasukan kotoran, mungkin kena bakteri atau apapun itu yang masuk dan kayak ngendap di kukunya," jelas Sarah.

Setelah mengetahui kondisi kukunya yang busuk tersebut, Sarah akhirnya mengambil langkah untuk melakukan perawatan kuku. Dia memutuskan untuk me-remove semua extension di kukunya dan rajin merawat kuku dengan menggunakan vitamin. Tak hanya itu saja, Sarah juga rela memotong semua kukunya menjadi lebih pendek untuk mempercepat penyembuhan kondisi kukunya.

Kuku selebgram ini jadi busuk usai lakukan nail art
TikTok/@sarah.keihl

Usai mengalami masalah yang cukup membuatnya shock tersebut, Sarah menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih tempat ataupun menjaga kebersihan kuku.

"Pokoknya dicek lah sering-sering. Karena aku tuh nggak kerasa sama sekali waktu kuku aku kayak gini. Tiba-tiba waktu di-remove jadi gitu," ungkap Sarah Keihl.

Beruntungnya, setelah melakukan perawatan yang tepat, kini kuku Sarah Keihl sudah lebih membaik dari sebelumnya. Kukunya yang awalnya menghitam, kini memudar dan tampak lebih sehat.

Kuku selebgram ini jadi busuk usai lakukan nail art
TikTok/@sarah.keihl

Melalui kisah Sarah Keihl, menjadi pengingat bahwa penting untuk menjaga kesehatan kuku dan merawatnya dengan baik. Rupanya, jamur yang menyebabkan kuku Sarah Keihl rusak dan membusuk adalah jamur Tinea unguium. Jamur ini umumnya ditandai dengan adanya titik putih atau kuning di ujung kuku.

Jika dibiarkan tanpa penanganan dan perawatan yang tepat, jamur dapat menyebar dan menyebabkan kuku berubah warna, menebal, rapuh, atau bahkan rusak. Jamur kuku mudah terjadi pada area kuku yang hangat dan lembap. Biasanya jamur ini juga rentan menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan menyebabkan kuku jadi membusuk.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa memperhatikan beberapa hal. Seperti memastikan alat dan bahan nail art benar-benar steril, rajin pakai vitamin kuku, memotong kuku dengan teratur, dan rajin membersihkan sela-sela kuku agar terhindar dari pertumbuhan jamur dan bakteri.