Makeup bebas dempul, trik bikin complexion stay seharian tanpa longsor ini cuma pakai 1 alat pembersih

18 Oktober 2024 07:10 WIB

Brilio.net - Seperti diketahui bahwa complexion yang ideal akan memberikan tampilan wajah yang halus, merata, dan cerah. Namun, banyak orang mengalami masalah di mana produk complexion mudah luntur atau longsor setelah beberapa jam pemakaian.

Beberapa faktor utama yang menyebabkan hal ini adalah kondisi kulit, lingkungan, dan teknik aplikasi. Misalnya, kulit yang berminyak cenderung membuat foundation dan concealer lebih cepat pudar karena kelebihan minyak yang memengaruhi daya rekat produk.

Selain itu, suhu panas dan kelembapan tinggi juga dapat mempercepat proses luntur, karena keringat dan minyak yang diproduksi oleh kulit dapat mengubah tekstur produk makeup. Teknik aplikasi yang kurang tepat juga berkontribusi pada masalah ini.

Penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau tidak dipadukan dengan primer dan setting spray yang tepat bisa membuat complexion tampak pudar lebih cepat. Selain itu, pengaplikasian yang berlebihan atau penggunaan produk yang terlalu berat juga dapat membuat complexion tampak cakey dan mudah luntur.

Jika mengalami masalah ini, tak perlu risau, karena kamu bisa mengatasinya dengan trik khusus. Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @ipsy. Melalui video unggahan itu, pemilik akun membagikan trik bikin complexion stay seharian tanpa longsor cuma pakai 1 alat pembersih. Alat pembersih yang dimaksud adalah tisu basah atau paper towel.

foto: TikTok/@ipsy

"Your foundation will stay on all day!" tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Kamis (17/10).

Triknya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bedak tabur dan tisu basah setelah mengaplikasikan foundation dan concealer. Setelah itu, aplikasikan bedak tabur menggunakan brush ke seluruh bagian wajah. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan cara di tap-tap dengan jumlah yang secukupnya saja.

foto: TikTok/@ipsy

Lebih lanjut, tap-tap wajah menggunakan tisu basah atau paper towel. Tekan-tekan dengan lembut secara menyeluruh, sampai bedak tabur benar-benar ngeset. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan penggunaan bedak padat dan produk makeup lainnya.

foto: TikTok/@ipsy

Terakhir, kunci riasan menggunakan setting spray. Trik ini akan membantu kamu mendapatkan complexion yang lebih kuat dan antilongsor meski dipakai beraktivitas seharian. Nggak cuma itu, makeup juga terlihat lebih natural bebas dempul.

foto: TikTok/@ipsy

(brl/jad)