Mengenal drench technique, trik viral pakai setting spray yang bisa bikin riasan auto flawless

4 Oktober 2024 22:10 WIB

Brilio.net - Setting spray adalah produk finishing dalam makeup yang digunakan untuk mengunci hasil riasan agar tetap awet sepanjang hari. Setelah selesai mengaplikasikan semua produk makeup, setting spray disemprotkan ke seluruh wajah untuk membentuk lapisan pelindung.

Lapisan pelindung ini akan menjaga makeup tidak luntur, terutama di kondisi cuaca panas atau lembap. Setting spray berfungsi seperti perisai yang mencegah minyak berlebih atau keringat merusak tampilan riasan.

Salah satu manfaat utama dari penggunaan setting spray adalah menjaga makeup tetap fresh dan tidak mudah pudar, terutama untuk riasan yang digunakan sepanjang hari. Setting spray juga membantu mengurangi tampilan makeup yang cakey atau terlalu berat, memberikan hasil akhir yang lebih halus dan alami.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang asal menyemprotkan setting spray ke wajahnya tanpa teknik tertentu. Alhasil, riasan jadi mudah crack, luntur, hingga kurang menyatu dengan kulit. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui trik khusus menggunakan setting spray, agar riasan tahan lama dan menyatu dengan kulit. Bahkan, riasan jadi tampak auto flawless lho.

foto: TikTok/@narauhll

Trik yang dimaksud adalah drench technique, yang merupakan metode di mana wajah disemprotkan dengan setting spray dalam jumlah yang cukup banyak, hingga kulit tampak basah atau lembap sepenuhnya. Teknik ini bertujuan untuk mengunci makeup dengan lebih baik, terutama untuk tampilan yang tahan lama dan flawless.

Setting spray digunakan dalam beberapa kali semprotan secara merata di seluruh wajah, hingga makeup terasa 'terendam' oleh cairan, yang kemudian dibiarkan mengering secara alami. Teknik drench ini sering digunakan untuk acara-acara spesial yang memerlukan ketahanan makeup ekstra, karena dapat membuat riasan menyatu dengan sempurna dan mengurangi tampilan cakey atau powdery.

foto: TikTok/@narauhll

Triknya bisa kamu tiru melalui unggahan dari pengguna TikTok dengan nama akun @narauhll.

"kenapa ya baru tau drench technique skrgg," tulisnya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Jumat (4/10).

Triknya mudah, pastikan kamu sudah menyelesaikan keseluruhan makeup di wajah. Setelah itu, semprotkan setting spray andalan kamu cukup banyak di area wajah, khususnya di bagian yang rentan crack dan luntur. Pastikan semprot setting spray sampai wajah terlihat 'becek' dan terdapat bulir-bulir air.

foto: TikTok/@narauhll

Kemudian, kipas-kipas sampai buliran setting spray di wajah benar-benar mengering dan menyerap. Kamu bisa menggunakan kipas portable atau alat lainnya yang punya hasil angin lumayan kencang. Setelah kering, kamu akan mendapatkan hasil makeup yang tampak menyatu dengan kulit, flawless, dan tahan lama.

Bahkan pemilik akun tersebut juga sempat melakukan tes ketahanan teknik drench ini. Ia menempelkan tisu ke wajah, hingga mengguyur wajahnya menggunakan air. Hasilnya, makeup di wajahnya tetap stay, transferproof, dan nggak luntur sama sekali.

foto: TikTok/@narauhll

(brl/wen)