Mengenal sandwich technique setting spray, trik makeup bikin riasan antidempul dan awet seharian

10 Oktober 2024 18:30 WIB

Brilio.net - Dalam rutinitas kecantikan, salah satu produk yang sering dianggap penting oleh banyak orang adalah setting spray. Produk ini digunakan sebagai langkah terakhir setelah makeup selesai diaplikasikan. Teknik ini untuk membuat hasil riasan lebih awet, mengurangi tampilan minyak berlebih, dan menjaga agar foundation, bedak, serta produk lain tidak mudah luntur.

Setting spray bekerja dengan membentuk lapisan tipis di atas kulit yang melindungi makeup dari faktor-faktor eksternal seperti panas, kelembapan, dan keringat. Salah satu manfaat utama dari setting spray adalah kemampuannya dalam meningkatkan daya tahan makeup, terutama untuk kamu yang memiliki kulit berminyak atau sering beraktivitas di luar ruangan.

Pada kondisi cuaca panas atau lembap, makeup cenderung lebih cepat luntur atau pudar. Dengan menyemprotkan setting spray, lapisan pelindung ini membantu menjaga tampilan tetap segar dan mencegah foundation atau bedak menjadi cakey. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan setting spray memiliki teknik khusus, agar fungsinya lebih optimal.

Sama halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok @racunwithdivani. Lewat unggahannya, ia memberikan trik memakai setting spray dengan sandwich technique, guna bikin riasan antidempul dan awet seharian.

foto: TikTok/@racunwithdivani

"Sandwich technique setting spray yang akhir” ini lagi trend banget, supaya makeup kita anti longsor shayyy," tulisnya dalam keterangan video TikTok @racunwithdivani, briliobeauty.net kutip pada Kamis (10/10).

Sandwich technique pada penggunaan setting spray adalah metode yang melibatkan penyemprotan setting spray dalam beberapa lapisan selama proses aplikasi makeup, bukan hanya di akhir. Teknik ini dirancang untuk memberikan daya tahan ekstra pada riasan, terutama bagi kamu yang ingin hasil makeup tetap segar dan tahan lama sepanjang hari.

foto: TikTok/@racunwithdivani

Caranya cukup mudah, pertama, semprot setting spray terlebih dahulu sebelum makeup (di wajah bare face). Teknik ini dilakukan sebagai primer agar riasan lebih tahan lama. Selanjutnya, kamu bisa menyemprotkan setting spray kembali setelah menggunakan foundation atau complexion lainnya.

foto: TikTok/@racunwithdivani

Nggak cuma itu saja, semprotkan setting spray pada spons makeup atau beauty blender untuk nge-blend complexion agar hasilnya nggak dempul. Terakhir, semprotkan setting spray ke seluruh bagian wajah setelah selesai makeup, untuk mengunci riasan agar antiluntur. Nah, trik ini akan membantu kamu mendapatkan riasan yang lebih menyatu ke kulit, antiluntur, dan awet seharian.

foto: TikTok/@racunwithdivani

(brl/lut)