MUA ini bagikan tips makeup atasi mata kecil sebelah, hasilnya bikin wajah jadi lebih proporsional

26 Juli 2024 15:10 WIB

Brilio.net - Mata kecil sebelah adalah kondisi di mana salah satu mata tampak lebih kecil dibandingkan dengan mata lainnya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor genetik, ketidakseimbangan otot wajah, atau masalah medis tertentu. Misalnya, otot-otot di sekitar mata yang tidak seimbang atau kelainan struktural bisa menyebabkan satu mata terlihat lebih kecil.

Selain itu, kondisi seperti ptosis, di mana kelopak mata atas menurun dan menutupi sebagian mata, dapat membuat mata tampak lebih kecil di satu sisi. Stres, kelelahan, atau penyakit juga bisa menjadi penyebab pada perbedaan ukuran mata.

Tampilan mata yang kecil sebelah memang cukup mengganggu penampilan. Pasalnya, wajah jadi kurang proporsional, sehingga banyak yang mencari cara untuk mengatasinya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan teknik makeup yang tepat.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu MUA melalui akun TikTok pribadinya @ayla76makeup, yang membagikan tips makeup atasi mata kecil sebelah.

MUA ini bagikan tips makeup atasi mata kecil sebelah
TikTok/@ayla76makeup

"Sedikit Tips cara mengimbangi mata yang beda sebelah," kata sang MUA dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ayla76makeup, Jumat (26/7).

Melalui unggahan yang berdurasi 45 detik tersebut, tampak seorang wanita yang memiliki ukuran mata kanan lebih kecil dari mata kirinya. Tak hanya itu saja, kelopak mata kanan wanita tersebut juga terlihat lebih turun dibandingkan mata kirinya.

Nah, untuk membuat ukurannya lebih sama dan wajah proporsional, MUA mulai mengelem area kelopak mata tepat di atas bulu mata atau di bagian eyeliner (pastikan sudah mengaplikasikan eye makeup terlebih dahulu, seperti eyeshadow dan eyeliner).

MUA ini bagikan tips makeup atasi mata kecil sebelah
TikTok/@ayla76makeup

Setelah itu, tunggu sampai lem kering. Usai lem kering, angkat kelopak mata menggunakan belakang pinset. Tekan-tekan perlahan sampai kelopak mata menempel dengan bulu mata. Ini dilakukan untuk membuat kelopak mata lebih terbuka, sehingga mata jadi terlihat lebih besar.

MUA ini bagikan tips makeup atasi mata kecil sebelah
TikTok/@ayla76makeup

Lebih lanjut, MUA memasang bulu mata dengan teknik jahit bulu mata. Yaitu, dengan mengelem bulu mata asli dan bulu mata palsu agar hasilnya lebih natural. Cara ini akan membuat ilusi mata terlihat sama besar, sehingga wajah jadi lebih proporsional.

MUA ini bagikan tips makeup atasi mata kecil sebelah
TikTok/@ayla76makeup

(brl/ola)