Nggak cuma untuk mengunci riasan, wanita ini bagikan 4 fungsi setting spray untuk maksimalkan makeup

25 Agustus 2024 04:00 WIB

Brilio.net - Setting spray merupakan produk yang digunakan setelah penggunaan makeup untuk mengunci riasan dan memperpanjang daya tahannya. Biasanya, produk ini berupa semprotan ringan, yang bekerja dengan menciptakan lapisan pelindung di atas makeup.

Fungsinya untuk mengikat produk riasan pada kulit dan mengurangi kemungkinan smudging atau luntur sepanjang hari. Ini sangat penting untuk memastikan riasan tetap utuh, terutama bagi mereka yang aktif beraktivitas atau memiliki kulit yang cenderung berminyak.

Selain itu, setting spray sering kali dilengkapi dengan bahan-bahan tambahan yang bermanfaat bagi kulit. Misalnya, beberapa produk mengandung vitamin, antioksidan, atau bahan anti-inflamasi untuk merawat dan menenangkan kulit sembari mengunci makeup. Ini memungkinkan setting spray tidak hanya berfungsi sebagai pelindung makeup tetapi juga memberikan manfaat perawatan kulit tambahan.

Meski begitu, ternyata setting spray tak hanya sebatas mengunci riasan saja lho. Ada banyak fungsi lain yang bermanfaat untuk memaksimalkan makeup. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @babyantonetha, yang menunjukkan 4 fungsi setting spray selain untuk mengunci makeup.

foto: TikTok/@babyantonetha

"5 fungsi dan cara penggunaan #settingspray. Semoga bermanfaat," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip pada Sabtu (24/8).

Fungsi pertama, setting spray dapat digunakan sebagai base makeup. Pasalnya, setting spray dapat mengunci minyak di kulit dan membuat kulit wajah lebih lembap sebelum pengaplikasian makeup. Caranya, semprotkan pada wajah sebanyak 3 kali dengan jarak 1 lengan.

foto: TikTok/@babyantonetha

Kedua, setting spray bisa dipakai untuk melembapkan beauty blender. Fungsinya, agar foundation yang digunakan tidak menempel di beauty blender, tapi menempel sempurna di wajah. Caranya, semprotkan langsung pada beauty blender secukupnya, lalu gunakan untuk nge-blend foundation di wajah dengan cara di tap-tap.

foto: TikTok/@babyantonetha

Fungsi ketiga, yaitu untuk membuat tampilan highlighter lebih pigmented atau terlihat jelas. Caranya, ambil highlighter menggunakan brush khusus highlighter, lalu spray brush menggunakan setting spray. Lebih lanjut, aplikasikan pada wajah, khususnya area pipi dan hidung.

Terakhir, setting spray bisa membuat wajah jadi auto fresh dan segar, jika diaplikasikan pada wajah setelah beraktivitas di luar ruangan. Artinya, setting spray bisa bertindak seperti face mist untuk menyegarkan wajah.

foto: TikTok/@babyantonetha

(brl/lea)