Nggak perlu dihapus, ini trik atasi tampilan maskara yang menggumpal cuma andalkan 1 produk skincare

16 Oktober 2024 15:30 WIB

Brilio.net - Maskara berfungsi untuk mempertegas mata dengan memberi ilusi bulu mata yang lebih panjang dan tebal. Namun, banyak pengguna yang mengalami masalah dengan maskara yang menggumpal, sehingga tampilan bulu mata menjadi tidak natural dan terlihat berantakan.

Saat maskara menggumpal, efek yang diharapkan justru berbalik, membuat bulu mata terlihat kluster dan tidak rapi. Penyebab utama dari gumpalan ini biasanya terkait dengan formulasi produk yang terlalu kental, penggunaan aplikator yang tidak tepat, maskara yang kering, hingga penggunaannya yang ngasal.

Ketika maskara mengering, partikel-partikel di dalamnya bisa saling menempel, menyebabkan gumpalan yang sulit dihindari. Dampak dari penggunaan maskara yang menggumpal tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Bulu mata yang menggumpal dapat terasa berat dan bisa menyebabkan iritasi pada area sekitar mata. Selain itu, tampilan yang tidak natural ini dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang, terutama saat menghadiri acara penting atau berinteraksi dengan orang lain.

Untuk mengatasi kondisi ini, kebanyakan orang akan langsung menghapus keseluruhan maskara dari bulu mata, dan mengaplikasikan ulang. Padahal ada trik khusus yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi maskara menggumpal tanpa menghapusnya. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @roseandben.

Lewat unggahannya itu, dia membagikan trik atasi tampilan maskara yang menggumpal cuma andalkan 1 produk skincare. Produk skincare yang dimaksud adalah micellar water.

Trik atasi tampilan maskara yang menggumpal andalkan 1 produk skincare
TikTok/@roseandben

"dry clumpy mascara? reactivate mascara with micellar water and a fan brush (maskara kering menggumpal? aktifkan kembali maskara dengan micellar water dan fan brush)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip pada Rabu (16/10).

Kamu hanya perlu menyiapkan micellar water andalanmu dan brush pipih untuk mempermudah penggunaannya. Caranya, ambil micellar water menggunakan brush pipih atau fan brush. Setelah itu, aplikasikan pada area maskara yang menggumpal dengan perlahan. Lakukan hingga gumpalan maskara di bulu mata terurai.

Trik atasi tampilan maskara yang menggumpal andalkan 1 produk skincare
TikTok/@roseandben

Lebih lanjut, rapikan tiap helai bulu mata yang sudah terurai menggunakan brush khusus maskara. Ini akan membantu kamu mendapatkan tampilan maskara yang lebih natural tanpa menggumpal.

Trik atasi tampilan maskara yang menggumpal andalkan 1 produk skincare
TikTok/@roseandben

Micellar water dapat mengatasi tampilan maskara yang menggumpal karena formulanya yang lembut dan efektif dalam mengangkat sisa makeup, termasuk maskara yang telah mengering atau menggumpal. Ketika digunakan pada bulu mata, micellar water dapat melunakkan gumpalan maskara, sehingga memudahkan proses perbaikan tanpa merusak bulu mata atau menghapus keseluruhan maskara.

Trik atasi tampilan maskara yang menggumpal andalkan 1 produk skincare
TikTok/@roseandben

(brl/ola)