Retouch makeup di luar ruangan tanpa ribet ini cuma butuh 4 langkah

09 / 11 / 2022 22:40 WIB

Brilio.net - Tampil cantik dengan makeup yang on point selama satu hari penuh menjadi kewajiban bagi setiap perempuan. Namun sayang, ada kalanya makeup tidak dapat bertahan selama satu hari. Maka dari itu, kita bisa mengandalkan cara retouch makeup atau memperbaiki kembali makeup yang luntur.

Makeup yang luntur ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah produksi minyak yang terlalu banyak. Oleh karena itu, kita harus mengurangi minyak pada kulit agar tampilan makeup menjadi kembali segar. Nah, kamu bisa retouch makeup kembali dengan menggunakan beberapa alat makeup. Namun, bagaimana jika kita hanya membawa alat makeup seadanya ketika sedang di luar?

Nah, kamu tidak perlu khawatir. Kini kamu bisa retouch makeup di luar ruangan tanpa ribet. Kamu hanya membutuhkan beberapa langkah, agar makeup kamu menjadi on point kembali. Cara ini dibagikan di media sosial TikTok oleh akun @carittaa, Senin (14/8) lalu.

Menggunakan blotting paper.

foto: TikTok/@carittaa

Langkah pertama yaitu menggunakan blotting paper atau kertas minyak. Nah, blotting paper ini memiliki kegunaan utama untuk menyerap minyak pada wajah. Cara mengaplikasikannya yaitu cukup tap-tap secara pelan dan jangan digeser.

Sementara itu, untuk menghilangkan minyak tersebut kamu harus menghindari penggunaan tisu. Pasalnya tisu bisa menyerap minyak dan kelembapan pada kulit. Maka dari itu, bisa membuat kulit menjadi kering dan mempengaruhi hasil retouch.

Jangan menggunakan bedak.

foto: TikTok/@carittaa

Setelah menghilangkan minyak menggunakan blotting paper, hindari menggunakan bedak secara langsung. Hal ini dapat membuat makeup menjadi lebih cakey.

Namun, kamu bisa menggunakan setting spray yang disemprotkan ke tisu. Hal ini dilakukan untuk menghapus bagian makeup yang crack ataupun luntur.

Menggunakan cushion atau concealer.

foto: TikTok/@carittaa

Setelah itu, barulah retouch pada makeup yang sebelumnya dihapus menggunakan cushion ataupun concealer. Ketika mengaplikasikan cushion, usahakan jangan sampai menyentuh makeup yang tidak dihapus. Pasalnya, hal tersebut bisa menyebabkan hasil makeup yang cakey.

Menggunakan setting powder.

foto: TikTok/@carittaa

Langkah berikutnya yaitu menggunakan setting powder. Nah, kamu bisa menggunakan dua macam bedak, seperti loose powder untuk set makeup, dan pressed powder digunakan untuk retouch makeup.

"Udah gak lengket, tetap slay dan anticakey," ujar @carittaa, dikutip briliobeauty.net, Rabu (9/11).

Tanpa membuang waktu, retouch makeup di luar ruangan pun selesai dengan hasil sempurna tanpa cakey. Sementara itu, adanya video simpel retouch makeup tanpa ribet ini pun mendapatkan beragam komentar dari netizen. Sejumlah netizen merasa terbantu dengan tips yang dibagikan.

"Makasih tips nya kak," ujar @Mauglowup.

"Yuhhhuuuu kaaaaa," ucap @Ratnasari.

"Makasih ka tipsnya," kata @vivi|Ig:iamvvfbrn.