Tanpa dicuci pakai sabun, cara bersihkan penjepit bulu mata ini cuma pakai 1 jenis minyak

1 Agustus 2024 14:10 WIB

Brilio.net - Penjepit bulu mata, atau sering disebut eyelash curler, adalah alat makeup yang berfungsi untuk memberikan lengkungan pada bulu mata dan menciptakan tampilan yang lebih lentik. Meskipun sering kali dianggap sebagai alat kosmetik sederhana, penggunaan penjepit bulu mata dapat membuat perbedaan besar dalam hasil akhir riasan mata.

Alat ini biasanya terbuat dari logam dengan dua pegangan yang dihubungkan oleh mekanisme penjepit, serta dilengkapi dengan bantalan karet di bagian dalam penjepit. Penggunaan penjepit bulu mata sebelum aplikasi maskara dapat meningkatkan hasil akhir, membuat bulu mata tampak lebih panjang dan tebal.

Meski begitu, tak sedikit orang yang menjepit bulu matanya secara berulang, bahkan setelah mengaplikasikan maskara. Akibatnya, penjepit bulu mata jadi kotor, sehingga dapat membuat penggunaannya kurang efektif. Tak jarang gumpalan sisa maskara yang menempel di penjepit juga akan mengotori riasan mata.

Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkan penjepit bulu mata dengan berbagai cara. Ada yang memanfaatkan makeup remover, hingga mencucinya menggunakan sabun. Padahal, ada cara yang tak kalah efektif untuk membersihkan penjepit bulu mata tanpa mencucinya dengan sabun lho.

Nah, cara tersebut bisa kamu simak dari unggahan pemilik akun TikTok @allaboutnatural, yang justru memakai 1 jenis minyak untuk membersihkan penjepit bulu mata. Minyak yang dimaksud adalah minyak kayu putih.

foto: TikTok/@allaboutnatural

"Tips membersihkan combo lash curler kamu yang kotor," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @allaboutnatural, Kamis (1/8).

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan minyak kayu putih (merek bebas) dan tisu atau kapas. Setelah itu, tuangkan minyak kayu putih pada tisu atau kapas secukupnya. Gosok-gosokkan tisu atau kapas pada bagian penjepit bulu mata yang kotor. Lakukan hingga penjepit bulu mata benar-benar bersih.

foto: TikTok/@allaboutnatural

Manfaat minyak kayu putih untuk membersihkan penjepit bulu mata yang kotor.

Minyak kayu putih efektif dalam membersihkan penjepit bulu mata yang kotor karena sifat antiseptik dan pelarutnya. Minyak ini mengandung senyawa seperti eukaliptol dan alfa-terpineol yang memiliki kemampuan untuk melarutkan dan mengangkat sisa-sisa kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup yang menempel pada penjepit bulu mata.

Selain itu, sifat antiseptik dari minyak kayu putih dapat membunuh bakteri dan kuman yang mungkin berkembang pada permukaan alat tersebut, menjaga kebersihan dan mencegah iritasi pada mata saat menggunakan penjepit.

(brl/wen)