Tempat pembuatannya bak pabrik cat, 11 potret bikin lipstik ini bikin mikir sebelum pakai

25 / 06 / 2024 18:10 WIB

Brilio.net - Mendapatkan riasan wajah yang sempurna dan cantik dibutuhkan berbagai produk. Mulai dari membuat complexion yang pas dengan warna kulit, memadukan corak eyeshadow maupun blush on, hingga butuh polesan lipstik pada bibir agar hasil makeup terlihat memesona.

Berbicara soal lipstik, alat makeup satu ini memang bisa memberikan look atau penampilan jadi kian menarik. Penggunaan lipstik pun biasanya disesuaikan kegunaan. Pasalnya, ada banyak jenis lipstik yang bisa kamu pilih. Mulai dari lipstik matte, sheer lipstick, velvet lipstick, glossy, dan satin, serta lip tint. Dari berbagai jenis lipstik memiliki tekstur yang berbeda-beda, ada yang cair, gel, dan creamy. Bahan dasar dari lipstik pun variatif. Ada yang dilengkapi dengan pelembap dan UV protection.

Sayangnya, walaupun punya banyak fungsi dan manfaat, proses pembuatan lipstik ini tak semuanya dibikin pada pabrik modern dan bersih. Ternyata masih ada lho pabrik kosmetik yang tempatnya kurang layak, bahkan jauh dari kata higienis. Penampakan pabrik tersebut pernah diunggah oleh akun TikTok @discovre560 belum lama ini.

Dalam unggahan video yang berdurasi tiga menit itu menunjukkan proses pembuatan lipstik, mulai dari pengolahan warna hingga packaging. Meski prosesnya hampir sama dengan pengolahan lipstik pada umumnya, pabrik dalam video ini tampak tak sesuai dengan standar pembuatan kosmetik.

Nah, penasaran dengan potret bikin lipstik? Yuk, simak 11 potretnya berikut ini seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @discovre560, Selasa (25/6).

1. Sebuah ember berwarna merah terlihat begitu kotor. Parahnya lagi ember tersebut berkerak tebal.

foto: TikTok/@discovre560

2. Bubuk berwarna merah dituang ke ember tersebut, yang entah sebenarnya apa bahan bakunya.

foto: TikTok/@discovre560

3. Setelah mencampurkan bubuk pewarna, pegawai pabrik itu lantas mencampurnya dengan air. Kemudian pegawai pabrik itu langsung mengaduknya dengan alat yang tampak kotor.

foto: TikTok/@discovre560

4. Selesai mengaduk bahan lipstik tanpa sarung tangan, pegawai pabrik melanjutkan menggiling supaya teksturnya kental.

foto: TikTok/@discovre560

5. Bak proses pembuatan cat, bahan lipstik itu lantas dituang ke mesin pengaduk. Sayangnya alat pengaduk yang dipakai justru ada kerak merah dan kecokelatan.

foto: TikTok/@discovre560

6. Masuk ke tahap pencetakan, dengan entengnya pegawai pabrik itu mencetak satu per satu tanpa sarung tangan. Bahkan pewarna lipstik itu hampir melumuri seluruh tangannya.

foto: TikTok/@discovre560

7. Pegawai pabrik itu lantas mengeraskan dengan cara mendiamkan wadah cetakan di atas lembaran koran.

foto: TikTok/@discovre560

8. Dengan alas meja yang penuh dengan warna merah, pegawai pabrik itu mulai mengeluarkan lipstik yang sudah mengeras.

foto: TikTok/@discovre560

9. Setelah itu, lanjut dengan memasukan lipstik ke wadah. Bikin kaget, wadah lipstik itu langsung dipasang dan tidak melalui sterilisasi terlebih dahulu.

foto: TikTok/@discovre560

10. Berikutnya masuk ke tahapan packaging. Pegawai pabrik ini mulai menata lipstik ke dalam kotak dengan rapi.

foto: TikTok/@discovre560

11. Dari proses pembuatan, sepertinya yang paling bersih dan rapi adalah tempat packaging.

foto: TikTok/@discovre560