Trik kontur untuk wajah kotak ini bikin penampilan lebih tirus, begini tutorialnya

25 Juli 2024 16:10 WIB

Brilio.net - Bentuk wajah kotak atau persegi biasanya ditandai dengan garis rahang yang kuat dan tegas, serta dahi dan pipi yang memiliki dimensi yang relatif sama lebarnya. Tak heran jika pemilik wajah kotak sering kali tidak percaya diri dengan bentuk wajahnya, karena tampak lebar dan tidak proporsional.

Karena hal itulah, banyak orang yang memanfaatkan teknik makeup tertentu untuk membuat ilusi wajah kotak jadi tampak lebih tirus. Salah satu fokus utama adalah merampingkan garis rahang yang kuat dengan teknik kontur yang tepat.

Kontur wajah adalah teknik riasan yang dapat memberikan dimensi dan definisi tambahan pada struktur wajah seseorang. Bagi pemilik wajah kotak atau persegi, teknik kontur dapat menjadi hal yang sangat efektif untuk mengimbangi atau memperhalus sudut-sudut tegas pada wajah mereka.

Seperti trik yang dibagikan pengguna akun TikTok @niula.nosca. Dalam videonya ia membagikan trik kontur untuk wajah kotak agar tampak lebih tirus. Berikut tutorialnya, yang telah briliobeauty.net lansir, Kamis (25/7).

foto: TikTok/@niula.nosca

Sebelum mengetahui cara pengaplikasiannya, siapkan terlebih dahulu produk kontur andalan kamu. Bisa berupa stik, krim, liquid, atau powder. Lebih lanjut, gunakan foundation dan concealer terlebih dahulu. Setelah itu, pulaskan kontur agak lebih naik dari pengaplikasian kontur pada orang dengan wajah lonjong atau tirus.

"Kalau orang kotak tuh, mukanya agak rada pendek, jadi dia harus agak ditinggiin dengan cara pakai kontur agak naik gitu ya," kata pemilik akun.

foto: TikTok/@niula.nosca

Pulaskan kontur tepat di bawah tulang pipi dan tarik ke arah ujung mulut. Tak hanya itu, kamu juga perlu mengaplikasikan kontur di area jidat untuk memberi kesan dimensi wajah lebih kecil.

Selanjutnya, agar rahang tampak lebih kecil dan tidak terlalu tegas, aplikasikan kontur di bawah tulang rahang dari telinga ke tengah dagu. Ini membantu menciptakan ilusi lekukan yang lebih lembut dan mengurangi kesan kotak pada rahang.

foto: TikTok/@niula.nosca

Nah, agar hasil kontur tampak lebih natural, kamu bisa meratakan atau nge-blend kontur dengan bantuan beauty blender. Tapi, jangan di tarik ya, lakukan dengan perlahan dengan cara ditap-tap agar bisa benar-benar terbaur dan tidak dempul. Jika dipastikan kontur sudah sempurna, kamu bisa melanjutkan riasanmu. Kini kamu akan mendapatkan wajah yang tampak lebih tirus dan terdefinisi meski memiliki bentuk wajah kotak.

foto: TikTok/@niula.nosca

(brl/jad)