Viral bayi dirias full makeup tuai kecaman warganet, ini klarifikasi sang MUA

29 September 2024 17:00 WIB

Brilio.net - Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan sebuah unggahan dari akun TikTok @fayrafarahh_makeup. Pasalnya, dalam unggahan tersebut tampak seorang bayi yang dirias selayaknya orang dewasa. Sontak, unggahan tersebut menuai kecaman warganet.

Video viral itu beredar pertama kali di TikTok, lalu menyebar ke X dan kini jadi perhatian warganet. Video yang diunggah ulang oleh pengguna X dengan nama akun @SecretAdmireerz tersebut sudah dilihat 4 juta kali. Lewat unggahan itu, tampak seorang bayi dengan wajah full makeup, dan potretnya saat sebelum dirias.

Wajah sang bayi jadi terlihat lebih cerah, seperti menggunakan complexion dan bedak. Tak hanya itu saja, eyeshadow glitter, penggunaan pensil alis, blush on, kontur, serta lipstik, juga tampak menghiasi wajah bayi mungil itu.

foto: X/@SecretAdmireerz

Sontak, unggahan tersebut langsung memancing kecaman warganet. Banyak yang berpendapat jika kulit bayi yang masih sensitif harusnya dijaga dari paparan produk kosmetik, apalagi yang digunakan adalah produk kosmetik untuk orang dewasa.

Sebelum tersebar di platform X, video bayi yang sedang dirias tersebut pertama kali dibagikan langsung oleh sang MUA dengan nama akun @fayrafarahh_makeup yang berasal dari Sampang, Madura. Akun tersebut sering membagikan berbagai video hasil riasannya, namun kali ini unggahan terkait bayi yang dirias justru mengundang kontroversi.

Tak lama setelah video tersebut diunggah, banyak warganet yang mengungkapkan kekhawatiran dan kritik terhadap tindakan merias bayi yang dianggap tidak aman. Warganet pun mengecam penggunaan makeup pada bayi, yang dikhawatirkan bisa menimbulkan iritasi atau bahkan masalah kesehatan kulit lainnya.

foto: X/@SecretAdmireerz

Ini real huhu yang sebelah eyelinernya berantakan sampai ke kelopak mata dan yang sebelah lagi, bersih," tulis akun @SecretAdmireerz pada keterangan unggahan tersebut, dikutip briliobeauty.net pada Minggu (29/9).

Merespons kritik yang terus membanjiri akunnya, @fayrafarahh_makeup akhirnya menghapus video unggahannya itu dan segera menyampaikan permohonan maaf secara terbuka. Dalam pernyataannya, akun tersebut mengaku bersalah karena tidak berpikir panjang sebelum menerima permintaan merias bayi. Tak hanya itu saja, ia juga memberikan klarifikasi mengenai situasi yang terjadi sebelum proses rias dilakukan.

foto: TikTok/@fayrafarahh_makeup

Menurut penjelasannya, klien yang merupakan ibu dari bayi mungil itu datang secara mendadak ke rumahnya dan meminta agar bayinya dirias. MUA tersebut sempat mempertanyakan keputusan itu dan menanyakan apakah ibu si bayi yakin ingin bayinya dirias.

"Sebenarnya saya sudah bilang seperti ini singkatnya 'Emang gpp bu dimakeup bayinya? Gmana nanti ngapusnya? Gabahaya yaa bu dimakeup gini bayinya?" tulisnya di unggahan klarifikasi.

Namun, sang ibu bersikeras tetap ingin merias bayinya karena sedang menggelar sebuah acara keluarga. Akhirnya, MUA yang merupakan pemilik akun @fayrafarahh_makeup, memutuskan untuk merias bayi tersebut dengan memberi saran agar makeup-nya nanti dihapus menggunakan baby oil.

foto: TikTok/@fayrafarahh_makeup

Penggunaan baby oil guna menghindari iritasi yang mungkin terjadi pada kulit bayi tersebut. Meski begitu, MUA tersebut juga akhirnya menyampaikan permintaan maaf secara penuh. Ia mengungkapkan bahwa dirinya tak akan mengambil job makeup bayi di kemudian hari.

"Semoga ini menjadi pengalaman pertama dan terakhir saya menerima job makeup bayi," pungkasnya.

(brl/mal)