Warna kembali pigmented, trik atasi waxy layer pada eyeshadow glitter cuma andalkan 1 alat sederhana

15 Oktober 2024 14:10 WIB

Brilio.net - Waxy layer adalah lapisan yang terbentuk di permukaan produk makeup, dapat mengurangi intensitas warna dan daya lekat produk pada kulit. Pada eyeshadow glitter, masalah ini sering kali meresahkan, karena glitter dirancang untuk memberikan efek mencolok dan berkilau.

Namun, ketika minyak dari kulit atau produk lain menempel pada eyeshadow, lapisan lilin yang terbentuk dapat menghalangi pigmen untuk menempel dengan baik, membuat warna terlihat pudar dan tidak cerah.

Minyak kulit atau keringat adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap pembentukan waxy layer. Ketika wajah berkeringat atau minyak alami kulit muncul, minyak tersebut dapat berpindah ke permukaan eyeshadow, menciptakan lapisan yang menghalangi pigmen.

Selain itu, penggunaan produk lain seperti pelembap atau primer juga dapat menyebabkan produk makeup lebih mudah terkontaminasi dan menyebabkan terbentuknya waxy layer. Selain eyeshadow, waxy layer juga bisa terjadi pada bedak padat lho.

Nah, jika kamu mengalami kondisi ini, tak perlu risau, coba tiru trik yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @celotehyeyen. Lewat unggahannya, ia membagikan tentang trik mengatasi waxy layer pada eyeshadow glitter cuma andalkan 1 alat sederhana. Alat sederhana yang dimaksud adalah selotip.

foto: TikTok/@celotehyeyen

"How to remove waxy layer in eyeshadow pallete," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip pada Senin (15/10).

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan selotip dan gunting. Pertama, gunting selotip secukupnya. Setelah itu, tempelkan selotip tepat di atas eyeshadow glitter yang terdapat waxy layer. Tekan dengan lembut dan diamkan beberapa saat. Lebih lanjut, angkat selotip secara perlahan.

foto: TikTok/@celotehyeyen

Trik ini akan membuat lapisan waxy atau lilin yang menyebabkan eyeshadow glitter memadat dan kurang pigmented jadi terangkat. Kamu bisa melakukan cara yang sama pada bagian eyeshadow yang lainnya. Kamu juga bisa menerapkannya pada produk makeup lain, seperti bedak padat.

foto: TikTok/@celotehyeyen

Nah, agar produk eyeshadow nggak berantakan, kamu bisa membersihkan dan merapikan sisa produk yang fall out menggunakan tisu kering. Kamu juga perlu menekan-nekan bagian eyeshadow glitter menggunakan tisu agar lebih padat dan nggak mudah berantakan. Kini kamu akan mendapatkan tampilan eyeshadow glitter yang lebih pigmented tanpa waxy layer yang mengganggu.

foto: TikTok/@celotehyeyen

(brl/lut)