11 Daftar skincare Doktif approve, nggak overclaim punya kandungan sesuai setelah uji lab

19 Oktober 2024 15:00 WIB

Brilio.net - Akhir-akhir ini media sosial tengah dihebohkan dengan munculnya sosok Dokter Detektif yang dikenal sering membongkar kandungan lab produk kecantikan, terutama skincare. Melalui beberapa videonya, ia kerap menyebut dirinya sebagai "Doktif" dan melakukan review kandungan kimia dalam beberapa merek skincare.

Pemilik akun TikTok @dokterdetektif tersebut bahkan turut melampirkan hasil uji lab yang dikeluarkan SIG Laboratory sebagai dasar pembuktian kandungan zat kimia dalam sebuah produk skincare. Menurut Doktif, hasil uji lab tersebut diklaim akurat karena menggunakan metode uji Ultra Performance Liquid Chromatography (UPLC).

Meski begitu, sampai sejauh ini Dokter Detektif masih menyembunyikan identitas aslinya, ia belum pernah menyebutkan nama aslinya, hanya menyebut diri sebagai Doktif singkatan dari Dokter Detektif. Tak hanya itu, sejauh ini ia juga belum menunjukkan wajahnya secara jelas, lantaran di setiap videonya, ia kerap menggunakan hijab dan topeng di bagian wajahnya.

Diketahui, sejak awal kemunculannya pada 5 September 2024, Dokter Detektif sudah memiliki 1,4 juta lebih pengikut di TikTok. Di salah satu videonya ia pernah mengatakan jika dirinya adalah lulusan dokter kecantikan pada 2007 dan sudah membuka praktik selama kurang lebih 17 tahun.

Tak heran, jika banyak pengguna skincare akhirnya menanyakan produk-produk skincare tertentu, kepada sosok Dokter Detektif lewat media sosial. Setelah menguji banyak produk skincare, ada 11 daftar skincare Doktif approve yang nggak overclaim setelah diuji laboratorium.

Yuk, simak daftarnya berikut ini yang briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/10).

1. Hanasui Bright Expert Serum.

foto: X/@ichfuyu

Hanasui Bright Expert Serum dinilai nggak overclaim karena terbukti mengandung niacinamide atau vitamin B3 dengan kandungan 10 persen sesuai dengan klaimnya. Tak heran jika produk ini benar-benar bisa mencerahkan wajah berkat kandungan utamanya tersebut.

2. Skintific Retinol.

foto: X/@ichfuyu

Skintific Retinol mengandung 0,1 persen Pure Retinol yang membantu regenerasi kulit untuk menghaluskan, menjaga kekencangan, serta membuat kulit lebih cerah dan lembut. Setelah diuji lab oleh Doktif, hasilnya nggak overclaim karena benar-benar mengandung 0,13 persen retinol.

3. Aboveboard Serum.

foto: X/@ichfuyu

Aboveboard Serum diformulasikan dengan kandungan TranexamicAcid 3%, Alpha Arbutin 3%, Niacinamide 5%, Hexylresorcinol, Licorice Root Extract, Centella Asiatica Extract, Panthenol, Beta Glucan, Calendula, Allantoin. Hasil uji lab Doktif skincare ini ternyata sesuai, yaitu kandungan niacinamide yang berada di 5,36 persen.

4. Cosrx Pure Retinol.

foto: X/@ichfuyu

Cosrx Pure Retinol memang menjadi salah satu produk skincare yang banyak diburu karena manfaatnya yang mampu menutrisi kulit dengan kandungan antiaging-nya. Saat diuji oleh Doktif, ternyata hasilnya sesuai, yaitu dengan kandungan retinol sebesar 0,1 persen.

5. Scora Moisturizer Gel kemasan 40 ml.

foto: X/@ichfuyu

Scora Moisturizer Gel adalah moisturizer atau pelembap yang ampuh mencerahkan kulit dengan kandungan niacinamide di dalamnya. Setelah di uji lab oleh Doktif, ternyata niacinamide di dalamnya berada di 4,67 persen dari klaimnya yang 5 persen. Meski begitu, produk ini tetap mendapatkan approve dari Doktif.

6. Avoskin 3% Retinol.

foto: X/@ichfuyu

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule juga sempat diuji lab oleh Doktif. Ia menguji kandungan utama retinol dalam produk tersebut. Hasilnya, produk tersebut mendapatkan approve dari Doktif karena kandungannya yang sesuai dengan klaim.

7. HB Dosting Maydozza.

foto: X/@ichfuyu

HB Dosting Maydozza memang diklaim mampu mencerahkan kulit secara cepat berkat kandungan dosis tinggi niacinamide di dalamnya. Setelah uji lab, ternyata produk ini benar-benar mengandung 5 persen niacinamide yang berarti nggak overclaim.

8. For Skin's Sake Gentle Retinol.

foto: X/@ichfuyu

For Skin's Sake Gentle Retinol diklaim mengandung 0,15 retinol di dalam produknya. Usai diuji lab oleh Doktif, ternyata hasilnya benar-benar sesuai dan mendapatkan approve dari Doktif.

9. Somethinc 1% Retinol.

foto: X/@ichfuyu

Somethinc menjadi salah satu produk skincare yang banyak di-approve Doktif. Bagaimana tidak, salah satu produknya yaitu Somethinc 1% Retinol benar-benar lulus uji lab dan hasilnya nggak overclaim.

10. White Dose Body Serum.

foto: X/@ichfuyu

White Dose Body Serum menjadi salah satu skincare yang mendapatkan Doktif approve karena mengandung niacinamide yang sesuai dengan klaimnya. Menariknya, produk tersebut aman dari kandungan hidrokuinon dan merkuri.

11. HB Dosting Lauskin.

foto: X/@ichfuyu

HB Dosting Lauskin diklaim mengandung niacinamide sebanyak 10%, yang mampu mencerahkan kulit dan membuatnya lembut dalam waktu singkat. Faktanya, produk tersebut lulus uji lab dengan hasil niacinamide di angka 10,34 persen.

(brl/jad)