11 Kandungan skincare pemutih wajah yang aman ini wajah kusam jadi auto cerah

7 Agustus 2024 21:11 WIB

Brilio.net - Keinginan untuk memiliki kulit lebih cerah dan merata telah mendorong banyak orang untuk mencari produk skincare pemutih wajah. Namun, penting untuk memastikan bahwa produk yang digunakan mengandung bahan-bahan aman dan efektif.

Menggunakan produk yang salah tidak hanya bisa gagal memberikan hasil diinginkan, tetapi juga dapat merusak kulit dan menyebabkan masalah serius. Oleh karena itu, pemahaman tentang kandungan skincare pemutih wajah yang aman menjadi sangat penting.

Banyak produk di pasaran mengklaim mampu mencerahkan kulit dalam waktu singkat, tetapi tidak semua dari mereka menggunakan bahan yang aman. Beberapa bahan kimia keras dan berbahaya dapat menyebabkan iritasi, alergi, atau bahkan efek samping jangka panjang yang merugikan. Oleh karena itu, penting mengetahui bahan-bahan yang terbukti aman dan efektif dalam mencerahkan kulit.

Berikut ini ada beberapa bahan skincare pemutih yang aman digunakan, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/8).

1. Vitamin C.

foto: freepik.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Vitamin C menghambat produksi melanin (pigmen yang membuat kulit terlihat gelap).

2. Niacinamide (Vitamin B3).

Studi yang diterbitkan di British Journal of Dermatology menunjukkan bahwa niacinamide dapat mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, niacinamide sering digunakan dalam produk skincare lantaran bisa bikin kulit jadi cerah.

3. Alpha arbutin.

Menurut American Academy of Dermatology, alpha arbutin adalah turunan hydroquinone yang lebih aman dan efektif dalam menghambat produksi melanin. Hal tersebut membuat alpha arbutin menjadi pilihan yang baik untuk skincare pemutih wajah.

4. Kojic acid.

Kojic acid merupakan bahan aktif yang berasal dari fermentasi beras. Kojic acid ini telah terbukti efektif dalam mencerahkan kulit. Dalam sebuah penelitian di Journal of Biomedicine and Biotechnology menunjukkan bahwa kojic acid dapat menghambat produksi melanin.

5. Licorice extract.

foto: freepik.com

Ekstrak akar licorice mengandung glabridin yang menurut studi di Fitoterapia, memiliki efek mencerahkan kulit signifikan. Biasanya licorice extract menjadi bahan campuran dalam produk serum, pelembap, ataupun toner.

6. Azelaic acid.

Mengutip briliobeauty.net, Rabu (7/8) dari American Academy of Dermatology menjelaskan, bahwa azelaic acid efektif dalam mengurangi hiperpigmentasi. Ampuh mencerahkan wajah dan mengatasi kulit kusam, bahan skincare ini aman digunakan bahkan untuk kulit sensitif.

7. Glycolic acid.

foto: freepik.com

Sebagai alpha-hydroxy acid (AHA), glycolic acid membantu mengeksfoliasi kulit mati dan mempercepat pergantian sel kulit. Kemampuan mengeksfoliasi itu membuat wajah auto cerah dan glowing. Mengutip dari Skin Therapy Letter, glycolic acid juga membantu meratakan warna kulit secara keseluruhan.

8. Lactic acid.

foto: freepik.com

Bahan kandungan berikutnya adalah lactic acid. Lactic acid ini masuk ke jenis AHA yang punya tekstur lebih lembut dibandingkan glycolic acid. Penelitian di Archives of Dermatological Research menunjukkan bahwa lactic acid efektif dalam mencerahkan kulit dan meningkatkan teksturnya.

9. Tranexamic acid.

Tranexamic acid telah menjadi bahan populer dalam skincare pemutih wajah. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan efektivitasnya dalam mengurangi melasma dan hiperpigmentasi.

10. Retinol (Vitamin A)

Retinol yang merupakan turunan vitamin A, tidak hanya membantu dalam anti-aging tetapi juga mencerahkan kulit. Menurut American Academy of Dermatology, retinol dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi, meningkatkan tekstur, dan bikin kenyal kulit.

11. Vitamin E.

Bahan pemutih skincare lainnya yaitu ada vitamin E. Perlu kamu ketahui, vitamin E ini sering dikombinasikan dengan vitamin C dalam produk skincare pemutih wajah. Penelitian di Molecular Medicine Reports menunjukkan bahwa kombinasi ini sangat efektif dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mencerahkan kulit.

Bagaimana memilih skincare pemutih wajah yang tepat?

foto: freepik.com

Bagi kamu yang ingin mencerahkan wajah, mungkin mulai mencari produk skincare pemutih yang ada di pasaran. Namun sebelum membeli, kamu perlu mengetahui trik memilih skincare pemutih wajah. Hal ini dilakukan agar kamu tak salah pilih.

1. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Misalnya, jika kamu memiliki kulit sensitif, pilih produk dengan kandungan yang lebih lembut seperti niacinamide atau lactic acid.

2. Perhatikan konsentrasi bahan aktif dalam produk. Mulailah dengan konsentrasi rendah dan tingkatkan secara bertahap untuk menghindari iritasi.

3. Beberapa bahan bekerja lebih baik ketika dikombinasikan. Misalnya, vitamin C dan E saling memperkuat efek antioksidannya.

4. Hasil terbaik akan terlihat dengan penggunaan rutin. Pilih produk yang nyaman digunakan sehari-hari.

5. Selalu gunakan sunscreen saat menggunakan skincare pemutih wajah, karena beberapa bahan dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV.

(brl/lea)