11 Rekomendasi basic skincare untuk memperbaiki skin barrier di bawah Rp 200 ribu, wajah sehat glowing

15 November 2023 09:10 WIB

Brilio.net - Kulit manusia memiliki lapisan pelindung alami yang sering disebut sebagai skin barrier. Lapisan ini terletak di bagian epidermis dan tersusun atas komponen protein dan lipids yang bersatu membentuk dinding di bagian luar kulit. Secara umum, fungsi utama skin barrier adalah menjaga kelembaban kulit serta melindunginya dari paparan eksternal agar tidak masuk ke dalam kulit.

Fungsi-fungsi di atas hanya bekerja apabila skin barrier pada kulit juga dalam kondisi sehat. Sayangnya, beberapa faktor seperti paparan berlebihan terhadap sinar UV, polusi, serta penggunaan bahan kimia abrasif di kulit dapat melemahkan lapisan pelindung kulit ini. Ketika skin barrier mengalami kerusakan, maka dapat memicu munculnya berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, kerutan, iritasi, hingga noda hitam sekalipun.

Dalam mengatasi problematika di atas, banyak orang kemudian berupaya mencari beragam varian produk skincare di luar sana yang dinilai efektif. Saking banyaknya, terkadang mereka pun kebingungan untuk menentukan dan memakai produk-produk tersebut. Padahal, penggunaan skincare banyak pun tidak menjamin akan menyehatkan kulit lho. Justru, kebanyakan memakai produk skincare bisa memicu reaksi iritasi yang menambah masalah kulit lainnya.

Nah, salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah back-to-basic (kembali ke dasar). Ya, penggunaan basic skincare, bertujuan untuk menyederhanakan penggunaan produk perawatan kulit dengan tujuan menutrisi sekaligus menyehatkan kembali lapisan pelindung kulit. Caranya cukup dengan menggunakan 4 rangkaian skincare saja, yaitu cleanser (pembersih), treatment (toner, essence, atau serum), moisturizer (pelembap), dan sunscreen (tabir surya).

Berangkat dari hal tersebut, briliobeauty.net telah mengumpulkan beberapa rekomendasi produk skincare dasar pada Selasa (14/11) yang bisa kamu jadikan referensi dalam mengatasi masalah kulitmu.

1. Ceracode Low pH Gentle Facial Cleanser 7x Ceramide

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Ceracode Official Shop

Ceracode Low pH Gentle Facial Cleanser adalah sabun cuci muka berbentuk foam, sehingga memiliki tekstur lembut yang cocok untuk semua jenis kulit. Sabun ini juga dikombinasikan dengan 7 jenis ceramide dan tremella yang sangat efektif dalam menjaga serta memperbaiki skin barrier. Tambahan multibiome dalam formulanya juga memberikan efek menenangkan dan membersihkan wajah tanpa meninggalkan efek tertarik.

Facial wash ini dihargai hanya sekitar Rp 45 ribuan saja.

2. Benton Snail Bee High Content Essence

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Benton Official Shop

Benton Snail Bee High Content Essence hadir sebagai solusi all-in-one untuk merawat skin barrier, elastisitas kulit, mencerahkan, dan mencegah penuaan dini. Essence ini mengandung 61% Snail Secretion Filtrate tanpa efek lengket, serta 6 jenis Peptide, Niacinamide, dan Adenosine untuk menjaga kekencangan kulit.

Produk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 160 ribuan.

3. Teratu Beauty Daily Calm & Soothe Skin Moisturizer

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Teratu Beauty Official Shop

Moisturizer keluaran Teratu Beauty ini diformulasikan dengan kandungan seperti hyaluronic acid, shea butter, dan ceramide, sehingga sangat efektif dapat memberikan kelembapan maksimal untuk mendukung penguatan skin barrier. Tidak hanya itu, ekstrak centella asiatica dan brightenyl di dalamnya juga bagus mengurangi inflamasi kulit dan mencerahkannya.

Produk ini dihargai sekitar Rp 125 ribu untuk ukuran 100ml.

4. LABORE BiomeProtect Physical Sunscreen

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Labore Official Store

Sunscreen jenis physsical dari Labore ini diproduksi khusus bagi mereka yang kulitnya sering mengalami iritasi. Mengandung 100% mineral filter dan Microbiome TechnologyTM, sunscreen ini tidak hanya memberikan perlindungan luas terhadap sinar matahari, tetapi juga membantu menjaga keseimbangan mikrobioma di kulit. Hal ini dalam prosesnya akan menguatkan lapisan pelindung kulit dan meminimalisir potensi radang.

Sunscreen ini dibanderol dengan harga Rp 170 ribuan.

5. Azarine Intense Luminous Barrier Moisturizer

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Azarine Cosmetic Official Shop

Azarine Intense Luminous Barrier Moisturizer adalah pelembab yang diformulasikan dengan oxyresveratrol, jeju rice water, dan peptide. Kandungan-kandungan di atas bermanfaat untuk membuat kulit tampak glowing, lembap, dan halus. Selain itu, penggunaan MossCellTec™ No.1 di dalamnya membuat moisturizer ini bagus untuk memperbaiki dan memperkuat skin barrier.

Kamu bisa mendapatkan pelembap ini dengan harga Rp 65 ribuan.

6. Jumiso Waterfull Hyaluronic Acid Toner

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Jumiso Official Shop

Toner dari Jumiso ini mengandung Waterfull 7-Complex Hyaluronic Acid, yaitu gabungan senyawa asam hyaluronat dengan ukuran molekul berbeda untuk memberikan kelembapan hingga ke lapisan kulit terdalam. Selain itu, toner ini juga dilengkapi dengan Ceramide untuk memperkuat skin barrier dan mencegah kulit kehilangan kelembapannya. Dengannya, toner ini sangat cocok digunakan oleh kulit kering, dehidrasi, hingga bertekstur kasar sekalipun.

Toner jumbo ini dihargai pada kisaran Rp 160 ribuan.

7. BHUMI Intensive Repair Barrier Serum

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/BHUMI Official Shop

Serum dari brand Bhumi ini hadir dengan formulasi lengkap berkat kandungan Derma-Clera, Aqua Ceramide, Adenosine, Madecassoside, dan Natural Caffeine di dalamnya. Kombinasi senyawa tersebut membuat serum ini efektif untuk memperkuat lapisan kulit, menghilangkan iritasi, dan meremajakan kulit. Wajah sehat dan bebas radang pun dapat dicapai dalam waktu singkat.

Serum ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 169 ribu.

8. Whitelab pH-Balanced Facial Cleanser

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Whitelab Official Shop

Sebagaimana namanya, sabun pembersih wajah dari Whitelab ini diformulasikan dengan pH sesuai kulit (5.5), sehingga dapat membersihkan wajah tanpa membuatnya kering dan teriritasi. Selain itu, sabun wajah ini juga mengandung Agarikon Mushroom Extract, Prebiotic Oat, dan Niacinamide yang dapat memberi kelembapan sekaligus memperkuat skin barrier-nya.

Sabun cuci muka ini dibanderol dengan harga Rp 60 ribuan.

9. True to Skin Sunfriends Sunscreen Gel

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Truetoskin Official Shop

True to Skin Sunfriends adalah sunscreen berbentuk gel dengan SPF 50 PA ++++. Sunscreen generasi terbaru ini diklaim memiliki tekstur ultra ringan, sehingga sangat nyaman untuk dipakai dalam kondisi apapun. Plus, kandungan Matcha, Cica, dan Betaine di dalam sunscreen ini dapat menutrisi kulit secara mendalam, yang kemudian akan menguatkan lapisan pelindung kulit.

Harga dari sunscreen ini pun cukup terjangkau, sekitar Rp 79 ribuan untuk ukuran 30 ml.

10. Somethinc Calm Down Skinpair Barrier Serum

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/SOMETHINC Official Shop

Somethinc Calm Down Skinpair Barrier Serum adalah serum yang bersifat gentle dan vegan, sehingga dapat mengatasi masalah pada kulit yang sering kemerahan dan sensitif. Melalui formula kombinasi dari Calm Down, Madagascar Centella Asiatica, 5X Growth Factor Peptides, dan Panthenol, serum ini secara efektif dan instan dapat menenangkan kulit sekaligus menutrisinya dengan kelembapan secara mendalam.

Serum ini dihargai pada kisaran Rp 100 ribuan.

11. Glad2Glow Centella Allantoin Soothing Gel Moisturizer

11 Rekomendasi basic skincare
Shopee/Glad2Glow Official Store

Pelembap dari Glad2Glow ini memiliki tekstur gel ringan yang dapat memberikan efek cooling yang secara instan dapat menenangkan wajah teritasi dan kemerahan, terutama akibat jerawat. Selain itu, kandungan Centella Asiatica dan Allantoin di dalamnya juga berperan aktif dalam melembapkan kulit dan menguatkan skin barrier dalam prosesnya.

Kamu bisa mendapatkan moisturizer ini dengan harga Rp 50 ribuan saja.

(brl/ola)