3 Skincare wajib yang perlu diaplikasikan menurut pakar, jaga kulit tetap sehat

28 Agustus 2024 22:10 WIB

Brilio.net - Dalam era di mana perawatan kulit telah menjadi bagian integral dari gaya hidup sehat, kamu mungkin sering dihadapkan pada beragam pilihan produk skincare yang kadang membingungkan. Dari serum yang menjanjikan kulit bercahaya hingga essence yang mengklaim dapat menghilangkan kerutan, pasar skincare dipenuhi dengan berbagai produk yang menarik perhatian. Namun di tengah hiruk pikuk tren kecantikan yang terus berubah, para ahli dermatologi dan pakar skincare tetap menekankan pentingnya kembali ke dasar-dasar perawatan kulit.

Meskipun banyak orang tertarik untuk mencoba produk-produk skincare terbaru, sebenarnya ada 3 skincare wajib tidak boleh terlewat dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Produk-produk ini bukan sekadar tren sesaat, tetapi telah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat jangka panjang untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Mengapa fokus pada 3 skincare wajib ini sangat penting? Jawabannya terletak pada fungsi dasar dari masing-masing produk yang bekerja secara sinergis untuk melindungi, memelihara, dan merawat kulit. Dengan konsisten menggunakan ketiga produk ini, kamu dapat membangun skin barrier yang kuat, menjaga kelembapan optimal, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat faktor lingkungan.

Lalu apa saja 3 skincare wajib yang perlu digunakan? Berikut informasi lengkapnya, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/8).

1. Pembersih wajah (cleanser).

foto: freepik.com

Pembersih wajah adalah langkah pertama dan sangat penting dalam 3 skincare wajib yang direkomendasikan oleh pakar. Mengutip dari mountsinai.org, Rabu (28/8), dokter Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City, menekankan pentingnya membersihkan wajah dengan benar.

Membersihkan wajah bisa menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup. Selain itu, mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat. Mempersiapkan kulit untuk menyerap produk skincare lainnya dengan lebih baik

Tips memilih pembersih wajah:

1. Sesuaikan dengan jenis kulit kamu (kering, berminyak, kombinasi, atau sensitif).
2. Pilih pembersih dengan pH yang seimbang untuk menjaga skin barrier.
3. Hindari pembersih yang mengandung sulfat berlebih yang dapat mengeringkan kulit.

Dokter Zeichner merekomendasikan pembersih wajah berbasis air untuk kulit normal hingga berminyak, dan pembersih krim lembut untuk kulit kering atau sensitif.

2. Pelembap (Moisturizer).

foto: freepik.com

Pelembap adalah produk kedua dalam 3 skincare wajib yang tidak boleh dilewatkan. Dokter Whitney Bowe, seorang dermatolog terkemuka di New York, menekankan bahwa pelembap adalah kunci untuk menjaga kesehatan skin barrier.

Selain itu, menggunakan pelembap bisa membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Bahkan mencegah penguapan air dari kulit (transepidermal water loss).

Tips memilih pelembap:

1. Untuk kulit berminyak, pilih pelembap berbasis gel atau lotion ringan.
2. Untuk kulit kering, pilih pelembap yang lebih kaya dengan kandungan ceramide atau asam hyaluronic.
3. Cari pelembap dengan kandungan antioksidan untuk perlindungan tambahan.

Dokter Bowe menyarankan untuk mengaplikasikan pelembab pada kulit yang masih lembap setelah membersihkan wajah untuk mengunci kelembapan.

3. Tabir surya (sunscreen).

foto: freepik.com

Tabir surya adalah produk terakhir namun sangat krusial dalam 3 skincare wajib menurut para pakar. Dokter Hadley King, dermatolog klinis di New York City, menyebut tabir surya sebagai "produk anti-penuaan paling penting" yang bisa digunakan.

Pentingnya menggunakan tabir surya mungkin sudah diketahui banya orang yaitu melindungi kulit dari sinar matahari. Namun selain itu, sunscreen mampu mencegah hiperpigmentasi dan bintik-bintik gelap, mengurangi risiko kanker kulit, dan memperlambat tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

Tips memilih dan menggunakan tabir surya.

1. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30.
2. Cari tabir surya broad-spectrum yang melindungi dari UVA dan UVB.
3. Aplikasikan tabir surya setiap hari, bahkan saat berada di dalam ruangan.
4. Gunakan kembali tabir surya setiap 2-3 jam, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Dokter King merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya fisik (mengandung zinc oxide atau titanium dioxide) untuk perlindungan yang lebih aman dan efektif.

Mengoptimalkan penggunaan 3 skincare wajib.

Hasil terbaik, pakar merekomendasikan beberapa tips tambahan dalam menggunakan 3 skincare wajib ini:

1. Konsistensi adalah kunci. Gunakan ketiga produk ini setiap hari, pagi dan malam (kecuali tabir surya yang hanya digunakan di pagi hari).

2. Urutan penggunaan penting. Mulai dengan pembersih, lanjutkan dengan pelembap, dan akhiri dengan tabir surya (di pagi hari).

3. Berikan waktu bagi setiap produk untuk diserap kulit sebelum melanjutkan ke produk berikutnya.

4. Jangan lupa area leher dan belakang telinga saat mengaplikasikan produk.

5. Sesuaikan produk dengan perubahan musim atau kondisi kulit.

(brl/jad)