7 Urutan skincare retinol di pagi hari untuk pemula agar efektif putihkan wajah

16 Agustus 2024 13:10 WIB

Brilio.net - Retinol adalah salah satu bahan aktif dalam skincare yang terkenal karena kemampuannya untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat hingga tanda-tanda penuaan. Biasanya, retinol direkomendasikan untuk digunakan pada malam hari karena sifatnya yang meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Namun, muncul pertanyaan menarik "apakah retinol bisa dipakai di pagi hari?"

Bagi sebagian orang, menggunakan retinol di pagi hari bisa memberikan manfaat tambahan, terutama jika diikuti dengan urutan skincare yang tepat. Penggunaan retinol di pagi hari membutuhkan perhatian khusus, terutama dalam hal perlindungan kulit dari paparan sinar UV.

Apakah retinol bisa digunakan di pagi hari?

foto: freepik.com

Sebelum membahas urutan penggunaan skincare, penting untuk menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu. Secara umum, retinol lebih baik digunakan pada malam hari karena bahan ini meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Namun, jika kamu memilih untuk menggunakan retinol di pagi hari, penting untuk menggabungkannya dengan sunscreen yang kuat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Menurut beberapa ahli dermatologi, pemula yang ingin mencoba menggunakan retinol di pagi hari bisa melakukannya, asalkan mereka mengikuti rutinitas yang tepat dan selalu mengaplikasikan sunscreen dengan SPF tinggi.

Itulah penjelasan singkat mengenai retinol yang digunakan di pagi hari. Selain itu, kamu perlu mengetahui beberapa urutan agar tak salah mengaplikasikan sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/8).

1. Cleanser (pembersih wajah).

foto: freepik.com

Langkah pertama dalam urutan skincare pagi hari adalah membersihkan wajah dengan lembut. Pilihlah pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit kamu dan pastikan untuk membersihkan semua kotoran, minyak, dan sisa produk dari malam sebelumnya. Pembersih yang lembut dan bebas dari bahan-bahan keras akan membantu menjaga keseimbangan kulit.

2. Toner.

Setelah membersihkan wajah, lanjutkan dengan penggunaan toner. Toner membantu menyeimbangkan pH kulit dan menyiapkan kulit untuk langkah-langkah perawatan berikutnya. Pastikan untuk memilih toner yang bebas alkohol agar tidak mengiritasi kulit, terutama saat menggunakan retinol.

3. Serum antioksidan.

Sebelum mengaplikasikan retinol, disarankan untuk menggunakan serum yang mengandung antioksidan seperti vitamin C. Antioksidan membantu melindungi dari radikal bebas dan mempersiapkan kulit untuk menerima retinol dengan lebih baik. Serum antioksidan juga berfungsi mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.

4. Retinol.

foto: freepik.com

Kini, saatnya mengaplikasikan retinol. Mengutip dari Healthline, sebagai pemula, mulai dengan konsentrasi retinol yang rendah (sekitar 0,2-0,5%) dan aplikasikan secara tipis dan merata di seluruh wajah. Jangan lupa untuk menghindari area sekitar mata dan mulut, karena kulit di daerah tersebut cenderung lebih sensitif. Retinol membantu meningkatkan pergantian sel kulit, mengurangi garis halus, dan mencerahkan wajah.

5. Moisturizer (pelembap).

Setelah retinol meresap ke dalam kulit, lanjutkan dengan pelembap. Produk skincare ini bisa mengunci kelembapan di kulit dan mengurangi potensi iritasi yang mungkin disebabkan oleh retinol. Pilih pelembap yang non-komedogenik dan mengandung bahan-bahan yang menenangkan seperti hyaluronic acid atau ceramides.

6. Sunscreen.

foto: freepik.com

Langkah paling penting saat menggunakan retinol di pagi hari adalah mengaplikasikan sunscreen. Pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan aplikasikan secara merata di seluruh wajah. Sunscreen membantu melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk efek iritasi dan hiperpigmentasi yang mungkin disebabkan oleh retinol.

7. Makeup (Opsional).

Jika kamu menggunakan makeup, bisa melanjutkan rutinitas dengan foundation, concealer, dan produk makeup lainnya. Pastikan makeup yang kamu gunakan tidak mengandung bahan-bahan yang bisa bereaksi negatif dengan retinol.

(brl/jad)