9 Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare ini cuma andalkan bahan alami

29 Juli 2024 23:45 WIB

Brilio.net - Bruntusan pada wajah sering kali muncul sebagai reaksi kulit terhadap produk skincare yang tidak cocok. Bruntusan ditandai dengan munculnya benjolan kecil-kecil pada kulit yang membuat tekstur kulit menjadi tidak rata. Penyebab utama bruntusan akibat skincare biasanya adalah penggunaan produk yang mengandung bahan iritatif, komedogenik, atau bahan aktif yang terlalu kuat bagi kulit.

Selain itu, ada juga beberapa bahan skincare yang bisa menyebabkan bruntusan. Pertama, ada mineral oil, lanolin, dan beberapa jenis silikon yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bruntusan. Kedua yaitu skincare dengan kandungan alkohol, parfum, dan pewarna sintetis sering kali menjadi penyebab iritasi kulit yang memicu bruntusan. Selanjutnya, penggunaan produk eksfoliasi yang terlalu sering atau kuat, seperti AHA dan BHA, dapat mengikis lapisan pelindung kulit dan menyebabkan bruntusan.

Masalah wajah bruntusan akibat skincare ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Mulai dari menghentikan produk skincare, memilih skincare non-komedogenik, dan menggunakan skincare dengan kandungan menenangkan.

Selain itu, kamu juga bisa lho mengatasi wajah bruntusan dengan merawatnya menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Nah, ada 9 bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/7).

1. Masker madu dan kayu manis.

foto: freepik.com

Masker madu dan kayu manis diklaim bisa atasi wajah bruntusan. Pasalnya, madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan. Kayu manis juga memiliki sifat antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab bruntusan.

Cara membuatnya yaitu campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok teh kayu manis. Aplikasikan ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

2. Masker lidah buaya.

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat menenangkan kulit iritasi dan meradang. Selain itu, lidah buaya juga dapat melembapkan kulit dan mempercepat penyembuhan.

Nah, cara menggunakannya yaitu ambil gel lidah buaya segar dan aplikasikan langsung ke wajah. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

3. Masker teh hijau.

foto: freepik.com

Teh hijau yang biasanya digunakan untuk bahan minuman ternyata bisa mengatasi wajah bruntusan. Melansir dari Healhtline, Senin (29/7), teh hijau mengandung antioksidan yang kuat dan antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas. Teh hijau juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih.

Sementara itu, cara menggunakannya cukup seduh teh hijau dan biarkan dingin. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan teh ke wajah atau campurkan teh hijau dengan madu untuk efek tambahan.

4. Masker kunyit dan yoghurt.

Masker kunyit dan yoguhrt juga bisa menghaluskan wajah bruntusan. Pasalnya, bahan rempah ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu menenangkan kulit dan melawan bakteri penyebab bruntusan. Kemudian, yoghurt mengandung asam laktat yang bisa eksfoliasi kulit secara lembut.

Bagi kamu yang ingin menggunakan bahan alami ini, cukup campurkan satu sendok teh kunyit dengan dua sendok makan yoghurt. Lalu, aplikasikan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

5. Masker oatmeal dan madu.

foto: freepik.com

Oatmeal memiliki sifat antiinflamasi dan eksfoliasi yang lembut, sehingga bisa mengangkat sel kulit mati dan menenangkan kulit yang iritasi. Sedangkan, madu dapat melembapkan dan melawan bakteri. Nah, cara menggunakannya yaitu campurkan dua sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan madu dan sedikit air. Setelah itu, aplikasikan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.

6. Masker pepaya.

Buah pepaya yang biasanya cuma dikonsumsi, ternyata punya manfaat lain bagi wajah yaitu menghilangkan bruntusan. Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung enzim papain yang membantu eksfoliasi kulit secara alami, mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan pori-pori. Pepaya juga kaya akan vitamin A dan C yang bisa meregenerasi kulit.

Bagi kamu yang ingin menggunakan, caranya yaitu haluskan pepaya matang dan aplikasikan langsung ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

7. Masker mentimun.

foto: freepik.com

Mentimun menjadi salah satu jenis buah yang sering digunakan sebagai perawatan wajah. Perlu kamu ketahui, mentimun memiliki efek dingin dan menenangkan pada kulit yang iritasi. Kandungan air yang tinggi juga bisa membantu melembapkan kulit.

Cara menggunakan masker mentimun ini hanya perlu menghaluskan dengan blender mentimun hingga halus. Lanjutkan dengan mengaplikasikan ke wajah. Lalu, biarkan selama 15-20 menit dan dibilas.

8. Masker pisang dan madu.

Kombinasi masker pisang dan madu dipercaya bisa menghaluskan wajah bruntusan. Melansir dari Healthline, buah pisang mengandung vitamin A yang membantu menghaluskan kulit dan mengatasi jerawat. Sementara itu, madu membantu melembapkan dan melawan bakteri.

Kamu bisa menggunakan masker ini dengan cara menghaluskan satu buah pisang matang dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Lanjutkan dengan mengoleskan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Bersihkan masker menggunakan air bersih.

9. Masker stroberi dan yoghurt.

Kombinasi masker stroberi dan yoghurt diklaim mampu melembapkan dan mengatasi jerawat. Mengutip dari Healthline, buah stroberi mengandung asam salisilat alami yang membantu mengatasi jerawat dan bruntusan. Sedangkan yoghurt membantu eksfoliasi dan melembapkan kulit.

Sifat asam laktat pada yoghurt membantu mengelupas sel-sel kulit mati dengan lembut, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bruntusan. Eksfoliasi ini membantu mempercepat proses regenerasi kulit, membuat kulit tampak lebih halus dan bercahaya.

Cara menggunakannya yaitu haluskan beberapa stroberi dan campurkan dengan dua sendok makan yoghurt. Lalu, oleskan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit dan bilas.

(brl/jad)