9 Cara menghilangkan tahi lalat di wajah secara alami, mudah dilakukan

6 April 2022 23:58 WIB

Brilio.net - Kamu memiliki tahi lalat di wajah? Bagi sebagian orang, tahi lalat di wajah tidak lah mengganggu penampilan. Tapi ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman dan terganggu dengan adanya tahi lalat di wajah. Nah, bagi orang yang merasa terganggu akan mencari informasi mengenai cara menghilangkan tahi lalat di wajah.

Tahi lalat yang tumbuh di permukaan kulit sebenarnya perihal yang umum terjadi pada setiap orang. Tahi lalat bisa saja tumbuh di bagian tubuh manapun, termasuk pada wajah. Dilansir brilio.net dari Medical News Today, Rabu (6/4), pada umumnya orang memiliki tahi lalat antara 10 sampai dengan 40 tahi lalat. Perlu kamu ketahui bahwa tahi lalat yang tumbuh di permukaan kulit tidaklah berbahaya. Jadi jangan khawatir jika tahi lalat dapat mempengaruhi kesehatan kamu. Oleh karena itu tahi lalat sebenarnya tidak perlu untuk dihilangkan. Namun berbeda halnya jika tahi lalat sudah membuat risih dan mengganggu penampilan, menghilangkan tahi lalat di wajah menjadi salah satu pilihannya.

Namun dalam menghilangkan tahi lalat jangan lah coba-coba untuk menggunting atau memotongnya secara asal-asalan. Agar tahi lalat hilang dari wajah, kamu bisa menggunakan berbagai cara alami yang pastinya aman untuk dilakukan. Nah, lantas bagaimana cara menghilangkan tahi lalat di wajah secara alami? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber cara menghilangkan tahi lalat di wajah secara alami, Rabu (6/4).

1. Bawang putih.

foto: Pixabay/stevebuissinne

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang pertama, kamu bisa menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung enzim yang dapat melarutkan sel yang menjadi penyebab dari terbentuknya tahi lalat pada wajah. Nah, cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan tahi lalat di wajah yaitu cukup dengan mengoleskannya ke tahi lalat. Lakukan cara ini secara rutin untuk menghilangkan tahi lalat.

2. Minyak oregano.

foto: Instagram/@binattar_ba

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami yang kedua, kamu bisa menggunakan minyak oregano. Minyak oregano ini mampu menghilangkan tahi lalat di wajah, namun harus dicampurkan dengan carrier oil atau minyak jarak. Kamu bisa menggunakan dua campuran minyak tersebut dengan cara mengoleskan minyak oregano dan carrier oil yang telah dicampurkan. Kemudian oleskan ke tahi lalat. Agar mendapatkan hasil optimal, kamu bisa menggunakan campuran minyak ini selama beberapa minggu.

3. Tea tree oil.

foto: Pixabay/naturefriend

Tea tree oil merupakan salah satu minyak esensial yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Dilansir brilio.net dari Medical News Today, Rabu (6/4) bahwa beberapa orang menganggap bahwa tea tree oil dapat menghilangkan tahi lalat dalam kurun waktu beberapa bulan.

4. Yodium.

foto: Freepik/8photo

Cara menghilangkan tahi lalat menggunakan cara alami, kamu bisa menggunakan yodium yang dilakukan dalam kurun waktu beberapa minggu. Maka dengan cara ini, tahi lalat di wajah dapat menghilang dalam beberapa minggu.

Jika kamu memilih menggunakan yodium untuk menghilangkan tahi lalat pada wajah terdapat dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan yodium karena yodium memiliki racun jadi jangan pernah mengaplikasikan pada kulit rusak. Kedua, yodium bisa menimbulkan efek kulit terbakar, jadi setelah mengoleskan yodium ke wajah oleskan petroleum jelly untuk melindungi kulit.

5. Jus lemon.

foto: Pixabay/andym

Cara selanjutnya yaitu kamu bisa menggunakan jus lemon untuk menghilangkan tahi lalat pada wajah. Caranya yaitu cukup dengan mengoleskan jus lemon beberapa kali sehari. Jus lemon tidak hanya bisa menghilangkan tahi lalat saja lho, melainkan bisa membuat kulit kamu tampak lebih cerah.

6. Kulit pisang.

foto: Pixabay/stevebuissinne

Kulit pisang ternyata bisa menghilangkan tahi lalat pada wajah. Hal ini dikarenakan kulit pisang mengandung enzim dan asam yang dapat mengangkat tahi lalat. Tidak hanya itu saja, pisang bisa dimanfaatkan menjadi pelembap wajah.

7. Madu.

foto: Pixabay/fancycrave1

Madu memang terkenal dengan manfaatnya untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh, salah satunya yaitu bisa menghilangkan tahi lalat pada wajah. Madu dapat mengatasi tahi lalat di wajah karena adanya sifat antioksidan dan sifat antiinflamasi. Caranya cukup dengan mengoleskan madu ke tahi lalat secara rutin.

8. Lidah buaya.

foto: Pixabay/franziska

Seperti halnya madu, lidah buaya dikenal memiliki khasiat untuk kecantikan wajah dan tubuh. Manfaat lain dari lidah buaya yang belum banyak diketahui yaitu bisa menghilangkan tahi lalat pada wajah. Nah, cara menghilangkan tahi lalat menggunakan lidah buaya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan lidah buaya ke bagian tahi lalat dan lakukan secara rutin untuk hasil optimal.

9. Kentang.

foto: Pixabay/christosgiakkas

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat di wajah adalah kentang. Memang terdengar sangat asing jika kentang memiliki manfaat menghilangkan tahi lalat. Namun ternyata kentang dapat membantu menghilangkan tahi lalat pada wajah karena dianggap memiliki efek pemutihan secara alami.

Caranya cukup dengan mengoleskan kentang yang sudah dihaluskan ke tahi lalat dan lakukan secara rutin. Perlu diingat bahwa kentang tidak sepenuhnya menghilangkan tahi lalat lho. Kentang membantu untuk memudarkan tahi lalat dan cara ini harus dilakukan dengan rutin.

Lebih lanjut, keputusan untuk menghilangkan tahi lalat tergantung pada masing-masing orang. Namun, jika tahi lalat mengalami perubahan yang mengkhawatirkan, seperti berubah warna, ukuran, bahkan sampai menimbulkan nyeri atau berdarah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

(brl/lin)