9 Cara mengontrol kulit berminyak ala dokter ini bikin wajah sehat dan bebas jerawat

15 / 05 / 2024 07:25 WIB

Brilio.net - Kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang paling umum dimiliki orang Indonesia. Umumnya kulit berminyak disebabkan karena produksi sebum atau minyak yang berlebih oleh kelenjar sebaceous. Meskipun sebum berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit, produksi yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan pori-pori membesar.

Penyebab seseorang memiliki jenis kulit minyak yang paling utama adalah faktor genetik. Jika salah satu atau kedua orang tua memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar kamu juga akan mewarisi kondisi ini. Faktor keturunan memainkan peran penting dalam menentukan seberapa banyak sebum yang diproduksi oleh kulit kamu.

Selain itu, perubahan hormon yang terjadi selama masa pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause juga bisa meningkatkan produksi sebum. Hormon androgen mampu merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak minyak. Penyebab lainnya juga bisa berasal dari cuaca dan lingkungan di sekitar kamu.

Perlu diketahui, cuaca di sekitar mampu memengaruhi tingkat produksi minyak pada kulit. Cuaca yang lembap dan panas cenderung meningkatkan sebum, sedangkan udara kering bisa membuat kulit dehidrasi dan merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih minyak. Pemilihan produk skincare yang kurang cocok juga bisa bikin kulit kamu berminyak.

Oleh karena itu kamu harus tahu cara mengontrol kulit berminyak. Buat yang masih bingung, bisa mencoba cara yang dibagikan beberapa dokter kecantikan ternama, seperti dr. Richard Lee dan dr. Valentino. Lewat kanal YouTube masing-masing, kedua dokter tersebut membagikan cara merawat kulit berminyak yang dijamin bikin wajah bebas jerawat.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/5), berikut ulasan lengkapnya.

1. Rutin cuci muka.

foto: freepik.com

Cara mengontrol wajah berminyak yang perlu kamu lakukan adalah rutin mencuci muka setiap pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Kamu juga disarankan mencuci muka setelah melakukan olahraga agar produksi minyak pada wajah berkurang.

2. Pilih skincare yang sesuai.

Kamu bisa menggunakan skincare yang memiliki kandungan berupa oil free, oil control, dan non-comedogenic. Semua formula tersebut dipercaya tidak menyumbat pori-pori wajah dan tak menimbulkan jerawat.

3. Pilih sabun muka yang ringan.

Cara mengontrol kulit wajah berminyak berikutnya adalah menggunakan sabun muka yang ringan dan lembut. Perlu kamu ketahui, sabun muka dengan tekstur keras justru bisa membuat kulit berminyak jadi iritasi dan memicu produksi minyak berlebih.

4. Hindari menggunakan cleanser: oil based dan alcohol based.

Cara merawat wajah berminyak berikutnya adalah kamu perlu hindari menggunakan pembersih wajah dengan kandungan oil based dan alcohol based. Kedua formulasi tersebut mampu mengiritasi kulit berminyak.

5. Rutin gunakan pelembap.

Pelembap tidak hanya digunakan untuk pemilik jenis kulit kering, tapi juga kulit berminyak perlu menggunakan pelembap. Penggunaan pelembap pada kulit berminyak ini bikin terhidrasi setiap waktu. Agar penggunaan pelembap ini efektif, gunakan produk yang terdapat perlindungan terhadap sinar matahari.

6. Gunakan skincare dengan water based.

foto: freepik.com

Cara mengontrol kulit berminyak berikutnya adalah menggunakan skincare dengan formula water based (air). Produk skincare berformula water base sangat ideal untuk kulit berminyak karena ringan dan mudah menyerap saat diaplikasikan. Selain itu, skincare water based juga tidak membuat pori-pori tersumbat sehingga aman dan nyaman bagi kulit berminyak.

7. Rutin bersihkan makeup dengan micellar water.

Tak hanya andalkan sabun cuci muka saja, bagi pemilik kulit berminyak wajib membersihkan wajah dengan micellar water. Penggunaan micellar water ini bikin wajah berminyak nyaman karena tidak pedih saat digunakan.

"Kamu bersihin aja beberapa kali, mungkin satu atau dua kali oles udah bersih banget yah," jelas Dr.Ricardh Lee, dikutip briliobeauty.net dari kanal YouTubenya, Selasa (14/5).

8. Gunakan sunscreen.

Bagi kamu yang punya wajah berminyak tetap wajib menggunakan sunscreen. Kamu dianjurkan menggunakan sunscreen dengan formula water base. Menurut Dokter Richard Lee kulit berminyak juga bisa menggunakan sunscreen oil base, namun harus memiliki SPF 30.

"Jangan bilang aku wajah berminyak pingin yang SPF nya 50, SPF nya 100, SPF 110. Makin tinggi SPF semakin nggak nyaman. Justru semakin berminyak dan lengket," ujarnya.

9. Tak lupa pakai masker wajah.

Perawatan wajah berminyak berikutnya adalah rutin menggunakan masker seminggu sekali. Bagi kamu yang punya wajah berminyak bisa menggunakan masker dengan bahan charcoal karena mampu menyerap minyak.