9 Rekomendasi serum skincare untuk cowok berjerawat ini bikin kulit auto glow up

2 September 2024 16:45 WIB

Brilio.net - Kulit berjerawat bukan hanya masalah yang dialami cewek, tetapi juga banyak cowok yang menghadapinya. Jadi, jangan heran kalau cowok pun mengalami kulit wajah berjerawat, sama halnya seperti cewek. Penyebab munculnya jerawat di antaranya karena break out, muka kotor, penggunaan masker, minyak berlebih, stres, hingga kurang tidur.

Cowok yang sedang berjerawat sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan kulit wajah. Produk skincare cowok berjerawat juga sudah tersedia beragam dan banyak variasi. Serum cocok untuk atasi jerawat lantaran memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Hal tersebut karena adanya bahan aktif seperti niacinamide, retinol, dan asam salisilat.

Selain itu, serum memiliki tekstur ringan dan mudah diserap. Menggunakan serum pada wajah berjerawat mampu mengatasi produksi sebum berlebihan. Di sisi lain, banyak serum yang juga mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, bahan-bahan seperti tea tree oil dan ekstrak chamomile memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat.

Berikut ini beberapa rekomendasi serum yang bisa mengatasi masalah jerawat pada wajah cowok, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9).

1. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%.

Produk ini adalah pilihan populer untuk mengatasi jerawat pada cowok. Serum ini mengandung niacinamide yang dapat mengurangi peradangan dan mengontrol produksi minyak, serta zinc yang membantu mengurangi jerawat aktif. Harganya berkisar antara Rp 150 ribu - Rp 200 ribu per botol 30 ml.

2. Luckeymen Serum Moonlight.

Produk ini merupakan serum yang memiliki bahan utama berupa propolis yang diformulasikan sesuai kebutuhan kulit cowok. Kandungan propolis diketahui mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan memperbaiki kerusakan setelahnya. Harga Luckeymen Serum Moonlight adalah Rp 119 ribu.

3. SOMETHINC Niacinamide + Moisture Beet Serum.

Produk ini juga menjadi pilihan tepat untuk cowok dengan masalah jerawat. Mengandung niacinamide untuk mengontrol minyak dan melembapkan kulit, serum ini mampu menenangkan kulit yang iritasi. Harganya cukup terjangkau, sekitar Rp 89 ribu untuk ukuran 20 ml.

4. Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc.

Produk ini mengandung kombinasi asam salisilat dan zinc yang efektif membersihkan pori-pori dari kotoran dan sebum berlebih serta mencegah jerawat muncul kembali. Serum ini juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat meredakan kemerahan pada kulit. Harga serum ini sekitar Rp 129 ribu per botol 30 ml.

5. Erha Acneact Acne Care Lab Clarifying Gel.

Produk ini adalah serum dengan formula khusus untuk mengatasi jerawat membandel. Erha Acneact Acne Care Lab Clarifying Gel mengandung bahan aktif seperti salicylic acid dan sulfur yang efektif membersihkan pori-pori serta mengurangi peradangan. Harga serum ini berkisar Rp 125 ribu untuk kemasan 30 ml.

6. Cosrx AC Collection Blemish Spot Clearing Serum.

Cosrx AC Collection Blemish Spot Clearing Serum menjadi produk pilihan ideal untuk cowok dengan kulit berminyak dan berjerawat. Mengandung propolis dan ekstrak Centella Asiatica, serum ini membantu mengatasi jerawat sekaligus menenangkan kulit. Harga serum ini sekitar Rp 250 ribu untuk ukuran 40 ml.

7. ElshéSkin Smoothing Serum for Acne Skin.

Produk ini mengandung kombinasi bahan aktif seperti lactic acid dan tea tree oil yang ampuh mengatasi jerawat dan mengangkat sel kulit mati. Serum ini juga bisa mempercepat penyembuhan bekas jerawat. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 180 ribu untuk 20 ml.

8. Wardah C-Defense Serum.

Produk ini menawarkan kombinasi vitamin C dan antioksidan untuk melawan jerawat sekaligus mencerahkan kulit. Meskipun harganya cukup ekonomis, sekitar Rp 75 ribu untuk 17 ml, serum ini efektif untuk meredakan jerawat ringan dan mencegah munculnya bekas jerawat.

9. Somethinc AHA BHA PHA Peeling Solution.

Serum dari produk lokal ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, dan mengatasi jerawat. Kombinasi tiga jenis asam (AHA, BHA, PHA) dalam serum ini sangat efektif untuk perawatan kulit cowok yang mengalami jerawat dan tekstur kulit kasar. Harganya sekitar Rp 150 ribu untuk 30 ml.

(brl/jad)