9 Serum pencerah skincare yang aman untuk ibu menyusui ini bikin kulit tetap sehat dan cerah

5 Agustus 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Masa menyusui adalah periode yang sangat penting bagi ibu dan bayi, di mana perhatian ekstra terhadap kesehatan dan keselamatan menjadi prioritas utama. Selama periode ini ibu menyusui sering kali menghadapi perubahan hormon yang dapat memengaruhi kondisi kulit, seperti hiperpigmentasi, jerawat, dan kulit kusam. Oleh karena itu, banyak ibu menyusui mencari produk skincare yang aman dan efektif untuk menjaga kecerahan kulit mereka. Salah satu produk yang banyak diminati adalah serum pencerah. Namun, keamanan produk tersebut bagi ibu dan bayi tetap menjadi pertimbangan utama.

Serum pencerah kulit dirancang untuk mengatasi masalah pigmentasi dan memberikan tampilan kulit lebih cerah dan merata. Beberapa bahan aktif umum digunakan dalam serum pencerah termasuk vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin. Namun, tidak semua bahan aktif aman untuk ibu menyusui. Oleh karena itu, memilih serum pencerah aman dan efektif memerlukan pemahaman tentang bahan-bahan yang diperbolehkan selama masa menyusui.

Mengutip dari American Academy of Dermatology dan Mayo Clinic, Senin (5/8) ada beberapa bahan skincare yang aman untuk ibu menyusui, antara lain:

1. Vitamin C.

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi tanpa efek samping berbahaya bagi ibu menyusui.

2. Niacinamide (Vitamin B3).

Bahan ini tidak hanya membantu mencerahkan kulit tetapi juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat dan iritasi.

3. Alpha Arbutin.

Dikenal karena kemampuannya menghambat produksi melanin, alpha arbutin dianggap aman dan efektif untuk mengatasi bintik hitam dan hiperpigmentasi.

Itulah bahan-bahan skincare yang aman untuk ibu menyusui. Berikut ini terdapat 9 serum pencerah skincare yang aman untuk ibu menyusui, sebagaimana briliobeauty.net himpun dari berbagai sumber, Senin (5/8).

1. Wardah C-Defense Serum.

skincare untuk ibu menyusui
wardahbeauty.com

Wardah C-Defense Serum mengandung vitamin C yang dikenal efektif untuk mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Serum ini juga memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Wardah C-Defense Serum bisa kamu dapatkan mulai dari Rp Rp 98 ribu.

2. Emina Bright Stuff Serum.

Emina Bright Stuff Serum mengandung ekstrak summer plum yang kaya akan vitamin C dan niacinamide yang membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Serum ini juga ringan dan cepat menyerap sehingga nyaman digunakan setiap hari. Emina Bright Stuff Serum dibanderol dengan harga Rp 75 ribu.

3. Garnier Light Complete Vitamin C Booster Serum.

skincare untuk ibu menyusui
garnier.co.id

Serum ini mengandung 30 kali vitamin C lebih tinggi yang membantu mencerahkan kulit secara efektif. Garnier Light Complete Vitamin C Booster Serum juga membantu menyamarkan noda hitam dan meratakan warna kulit. Kamu bisa mendapatkan serum pencerah ini mulai dari Rp 125 ribu.

4. Nacific Fresh Herb Origin Serum.

Nacific Fresh Herb Origin Serum mengandung berbagai bahan alami seperti aloe vera dan niacinamide yang membantu mencerahkan dan menenangkan kulit. Serum ini juga aman untuk digunakan oleh ibu menyusui dan harganya dibanderol Rp 180 ribu.

5. Avoskin Your Skin Bae Serum Niacinamide 12% + Centella.

skincare untuk ibu menyusui
avoskinbeauty.com

Serum ini mengandung niacinamide yang terkenal efektif dalam mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Dilengkapi dengan centella asiatica, serum ini juga membantu menenangkan kulit yang meradang. Serum Avoskin ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 139 ribu.

6. Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum.

Serum dari Scarlett ini mengandung phyto whitening, glutathione, dan vitamin C yang efektif mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Serum ini juga aman untuk ibu menyusui. Sementara itu harga dari serum Scarlett ini berkisar Rp 75 ribu.

7. The Aubree Botanical Calendula + Niacinamide Serum.

Serum ini mengandung niacinamide dan ekstrak calendula yang membantu mencerahkan kulit sekaligus menenangkan iritasi. Kombinasi bahan ini menjadikan serum ini aman dan efektif untuk ibu menyusui. The Aubree Botanical Calendula + Niacinamide Serum dibanderol mulai dari Rp 95 ribu.

8. Hanasui Rich Nutrition Serum Vitamin C.

skincare untuk ibu menyusui
Shopee/mutia cosmetic bali

Hanasui Rich Nutrition Serum mengandung vitamin C yang membantu mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Serum ini juga membantu melawan tanda-tanda penuaan dini. Nah, harga dari serum pencerah Hanasui ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 45 ribu.

9. Safi White Expert Rejuvenate & Brighten Serum.

Serum dari Safi ini mengandung ekstrak habbatus sauda dan teknologi OxyWhite yang membantu mencerahkan kulit dan memberikan nutrisi. Serum ini juga aman digunakan oleh ibu menyusui. Sementara itu, harga dari Safi White Expert Rejuvenate adalah Rp 150 ribuan.

(brl/ola)