Akibat teledor pakai soft lens hingga mata kering, cewek ini alami iritasi hingga bengkak

01 / 07 / 2024 08:27 WIB

Brilio.net - Penggunaan kontak lensa tidak hanya diperuntukkan untuk penampilan dan fashion. Melainkan kontak lensa digunakan sebagai alat bantu penglihatan bagi mereka yang pemilik mata minus. Kontak lensa atau softlens selalu diandalkan karena pemakaiannya yang simpel dan tak perlu pakai kacamata lagi.

Soft lens melekat di kornea mata dan membuat pandangan jadi lebih jelas. Namun dibalik itu, penggunaan softlens ada efek sampingnya lho. Bagi pengguna softlens, lensa tipis ini bisa membuat mata kamu jadi lebih cepat kering dan kemerahan. Bahkan jika kamu menggunakannya dengan waktu lama dan tanpa ada perawatan bisa bikin iritasi.

Kejadian ini seperti baru-baru saja yang dialami seorang wanita Vanya. Lewat unggahan video di akun TikTok vaaannnyyyaa pada beberapa waktu lalu, sebelah matanya terkena keratitis. Keratitis ini membuat mata jadi bengkak dan iritasi memerah.

foto: TikTok/@vaaannnyyyaa

Hal ini disebabkan oleh penggunaan softlens dalam kondisi mata yang kering. Saat dalam kondisi mata kering ia melepas softlens pada mata sebelah kiri dan tak terjadi apa-apa.

Sedangkan pada mata sebelah kanan, Vanya kesusahan untuk melepas lensa. Ia merasa softlens yang digunakan lengket dan pada akhirnya memaksakan untuk melepas softlens tersebut.

"Nggak gimana-gimana emang rada sakit," ujarnya.

foto: TikTok/@vaaannnyyyaa

Namun ketika akan tidur, rasa sakit mulai muncul pada satu sisi mata. Dalam kondisi ini mata belum bengkak, selang beberapa lama kemudian mulai ada benjolan di sekitar mata.

"Ngeganjel, lama-lama merah dan sekarang bengkak," imbuhnya.

Nggak cuma bengkak, mata Vanya juga terus menerus mengeluarkan air dan terasa sakit. Tak tahan dengan rasa sakitnya, Vanya langsung pergi ke dokter. Setelah periksa, diketahui kornea matanya mengalami lecet karena mata yang kering. Agar mata tak iritasi lebih lanjut Vanya mendapatkan obat sebagai penanganan pertama.

"Semalam kempes dan masih merah. Sakitnya masih sedikit," ujar Vanya.

foto: TikTok/@vaaannnyyyaa

Sementara itu, pada menit terakhir Vanya memberikan pesan agar orang yang mengalami hal sama tidak mengkompres, perban, dan mengucek mata. Hal kemungkinan bisa membahayakan mata yang iritasi.

"Better kalian cek ke dokter. Ini pure karena soft lens ya bukan eyelash atau soft lens kotor," imbuhnya.

Masalah menggunakan softlens yang dialami Vanya ini pun menuai berbagai komentar dari warganet.

"makanya aku mah kalau kemna"pake soplens selalu bawa obat tetes mata khusus soplens takut kering mataku cepet sembuh kk," akun @Tiara Putri Salsabil berkomentar.

"sama banget kaya aku grgr soflens jadi keratitis," komentar akun @Heii Nau.

"kaaa maaf aku juga permah ke gitu sumpah sakit bgt, tp aku kena lem eyelash. aku juga dikasih obat ky gitu sma dokter," tulis akun @Assyafiq.

"iyaa percaya,itu bukan krna eyelash..krna pernah ngalamin...jd cara yg benar menurut sy,sebelum pake softlense pake rohto cool ato insto cool," imbuh akun @Mom2D.