Anti kering dan kusam, ini rekomendasi lip balm untuk cowok yang bikin bibir auto lempab

4 Agustus 2024 19:00 WIB

Brilio.net - Bibir hitam dan kering pada pria bukan hanya mengganggu penampilan saja, tetapi mengindikasikan beberapa masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Kondisi ini sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri. Menurut penelitian dari jurnal dermatologi terkemuka, beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan bibir menjadi hitam dan kering pada pria antara lain merokok, paparan sinar matahari berlebihan, dehidrasi, dan kekurangan nutrisi tertentu.

Merokok merupakan penyebab utama yang sering diabaikan. Nikotin dan tar dalam rokok dapat mengubah pigmentasi bibir dan mengurangi sirkulasi darah, menyebabkan bibir menjadi lebih gelap dan kering. Selain itu, paparan sinar UV yang intens tanpa perlindungan yang memadai dapat meningkatkan produksi melanin pada bibir, menyebabkan perubahan warna. Dehidrasi kronis juga berkontribusi pada kekeringan bibir, sementara kekurangan vitamin B12, zat besi, dan asam folat dapat mempengaruhi warna dan tekstur bibir.

foto: TikTok/@farhanbashel

Melihat kegelisahan para cowok, seorang selebgram bernama Farhan Bashel memberikan rekomendasi produk lip balm untuk mengatasi bibir cowok yang kering dan kusam.

"Rekomendasi lip balm untuk cowok dari 10 yang gua punya," ucap Farhan Bashel dikutip briliobeauty.net dari TikTok @farhanbashel, Minggu (4/8).

foto: TikTok/@farhanbashel

Lewat unggahan di akun TikTok @farhanbashel, ia telah menggunakan beberapa produk lip balm. Namun dari setidaknya delapan produk yang direkomendasikan hanya dua. Di awal video ia tidak merekomendasikan ketiga produk dari brand Vaseline. Hal ini dikarenakan produk tersebut justru membuat bibirnya jadi kering.

Selain itu, produk lain yang juga tidak direkomendasikan adalah lip balm dari brand Facetology. Walaupun ada SPF yang nggak bikin bibir jadi hitam, lip balm Facetology ini meninggalkan kulit mati yang membuat penggunanya tidak nyaman.

"Disclaimer dulu lip balm itu bukan lip stick jadi nggak meninggalkan warna di mulut," imbuhnya.

Produk selanjutnya yang tidak terlalu direkomendasikan adalah BLP X Tuku. Menurutnya, lip balm ini cuma memberikan aroma yang wangi.

"Tapi nggak semoist dua yang gua saranin," ujarnya.

Lip balm rekomendasi Farhan.

foto: TikTok/@farhanbashel

Farhan lantas merekomendasi dua produk lip balm yaitu Eucerin Lip Active. Produk kecantikan ini adalah rekomendasi dari dokter untuk mengatasi bibir kering, pecah-pecah, dan kusam.

"Kalau bibir lo kering dan pecah-pecah apalagi berdarah coba pakai ini," ucap Farhan.

Eucerin Lip Active ini bisa didapatkan dengan mudah di marketplace. Menurut Farhan, produk tersebut bagus untuk perawatan bibir karena bisa mengatasi masalah pada bibir selama satu minggu. Selain itu, Eucerin Lip Active ini memiliki kandungan dexpanthenol dan vitamin E bisa meregenerasi sel kulit mati dan melembapkan. Harganya pun cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 135 ribuan.

Produk berikutnya yang direkomendasikan adalah Pure Paw Paw. Produk ini lip care satu ini aman digunakan sepanjang hari pada malam dan pagi. Selain itu, Pure Paw Paw juga bikin bibir jadi lembap dan tidak mengkilap.

"Cuma bikin bibir lembap dan nyaman," imbuhnya.

Selain itu, Pure Paw Paw ini memiliki kandungan berupa pepaya yang bisa melembapkan kulit bibir. Adanya kandungan enzim papain juga mampu menyembuhkan masalah pada kulit bibir dan menutrisi, serta menenangkan bibir iritasi. Harga dari Pure Paw Paw adalah Rp 67 ribu saja.

(brl/wen)