Apakah bisa menghilangkan bercak putih di wajah pakai skincare? Ini penjelasan lengkapnya

8 Agustus 2024 18:10 WIB

Brilio.net - Bercak putih di wajah seringkali menjadi masalah yang mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti paparan sinar matahari, infeksi jamur, atau kondisi kulit tertentu seperti vitiligo. Bercak putih ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, namun keberadaannya dapat membuat kulit tampak tidak merata dan kurang sehat.

Banyak orang yang mencari cara efektif untuk mengatasi bercak putih di wajah. Salah satu solusi banyak dicari adalah penggunaan skincare yang tepat. Penggunaan skincare untuk menghilangkan bercak putih di wajah tidak hanya membantu memudarkan, tetapi juga merawat dan menutrisi kulit agar tetap sehat. Skincare yang diformulasikan khusus biasanya mengandung bahan aktif seperti niacinamide, vitamin C, dan ekstrak licorice yang memiliki manfaat mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Apakah bisa menghilangkan bercak putih menggunakan skincare?

foto: freepik.com

Sebelum membahas skincare untuk menghilangkan bercak putih di wajah, penting untuk memahami penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang membuat bercak putih muncul pada wajah. Salah satunya adalah vitiligo atau kondisi autoimun yang menyebabkan hilangnya pigmen kulit.

Selain itu, ada tinea versicolor merupakan infeksi jamur yang memengaruhi pigmentasi kulit. Kemudian ada pityriasis alba. Kondisi ini biasanya terjadi pada anak-anak dan remaja. Terakhir yaitu ada hipopigmentasi pasca-inflamasi. Kondisi ini memberikan perubahan warna kulit setelah peradangan atau cedera.

Setelah mengetahui penyebabnya, mari kita bahas mengenai pertanyaan apakah skincare efektif untuk menghilangkan bercak putih pada permukaan wajah?

Mengutip dari Heatlhline, Kamis (8/8) menjelaskan bahwa hal tersebut tergantung pada penyebab dan jenis bercak putih yang dialami. Untuk kondisi, skincare dapat membantu memperbaiki penampilan bercak putih. Namun, kasus seperti vitiligo, perawatan medis mungkin diperlukan.

Dalam beberapa produk skincare, diformulasikan dengan sejumlah bahan yang bisa untuk memudarkan bercak putih pada wajah. Nah, bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Produk dengan asam kojic.

Asam kojic adalah bahan aktif yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Beberapa skincare untuk menghilangkan bercak putih di wajah mengandung asam kojic untuk membantu menyamarkan perbedaan warna kulit.

2. Skincare dengan niacinamide.

Niacinamide atau vitamin B3 membantu memperbaiki tekstur kulit dan menyeimbangkan produksi melanin. Produk skincare yang mengandung niacinamide mungkin efektif dalam mengurangi tampilan bercak putih.

3. Perawatan dengan Vitamin C.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Serum atau krim yang mengandung vitamin C bisa menjadi pilihan skincare untuk menghilangkan bercak putih di wajah.

4. Produk dengan alpha arbutin.

Alpha arbutin adalah bahan aktif yang dapat membantu menghambat produksi melanin berlebih. Hal ini bisa membantu menyamarkan bercak putih dan menyeimbangkan warna kulit secara keseluruhan.

5. Exfoliant lembut.

Eksfoliasi lembut dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit. Namun, penting untuk tidak terlalu agresif karena dapat memperparah kondisi kulit.

Efektivitas dan pertimbangan penggunaan.

Meskipun skincare untuk menghilangkan bercak putih di wajah membantu dalam beberapa kasus, penting untuk memahami bahwa hasilnya mungkin tidak instan dan bervariasi tergantung pada individu dan penyebab bercak putih.

Menurut Healthline, beberapa kondisi seperti vitiligo mungkin memerlukan perawatan medis lebih lanjut. Dalam kasus seperti ini, penggunaan skincare saja mungkin tidak cukup efektif untuk menghilangkan bercak putih sepenuhnya.

Untuk hasil terbaik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dermatolog sebelum memulai rutinitas skincare baru. Seorang profesional membantu mengidentifikasi penyebab spesifik bercak putih dan merekomendasikan perawatan yang paling sesuai.

Tips tambahan untuk perawatan kulit.

foto: freepik.com

Selain menggunakan skincare untuk menghilangkan bercak putih di wajah, ada beberapa tips tambahan yang membantu menjaga kesehatan kulit:

1. Kamu bisa menggunakan produk perlindungan dari sinar UV penting untuk mencegah perubahan pigmentasi lebih lanjut.
2. Kulit yang terhidrasi dengan baik lebih mampu memperbaiki diri.
3. Kamu juga bisa menghindari iritasi dengan cara mengidentifikasi dan hindari produk atau bahan yang dapat mengiritasi kulit kamu.
4. Perawatan kulit membutuhkan waktu, jadi bersabarlah dan konsisten dengan rutinitas kamu.

(brl/wen)