Aroma tak sedap lenyap, 5 bahan makanan ala rekomendasi dokter ini bisa hilangkan bau badan asam

03 / 05 / 2024 07:45 WIB

Brilio.net - Bau badan asam tidak sedap menjadi masalah umum yang dialami oleh beberapa orang. Bau badan asam bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri dan membuat interaksi sosial menjadi tidak nyaman. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan bau badan asam ini muncul?

Bau badan asam adalah aroma yang ditimbulkan oleh reaksi antara keringat dan bakteri di permukaan kulit. Sebagai bagian dari proses metabolisme tubuh, keringat yang diproduksi oleh kelenjar keringat mengandung senyawa-senyawa seperti asam lemak dan protein. Bakteri yang hidup di kulit akan memecah senyawa-senyawa tersebut menjadi zat-zat yang berbau tidak sedap, yang kemudian menyebabkan bau badan asam.

bahan makanan hilangkan bau badan asam
YouTube/Saddam Ismail

Selain disebabkan oleh keringat, bau badan asam juga bisa terjadi karena asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terutama yang mengandung sulfur atau zat-zat kimia tertentu, seperti bawang putih, bawang bombay, atau makanan pedas, dapat memengaruhi aroma keringat seseorang.

Tidak hanya itu, kurangnya kebiasaan membersihkan tubuh secara teratur, terutama pada area yang rentan terhadap keringat seperti ketiak atau lipatan kulit, dapat menjadi faktor lain yang memerparah bau badan asam.

bahan makanan hilangkan bau badan asam
YouTube/Saddam Ismail

Kunci untuk menghilangkan bau badan asam yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kebersihan dengan baik. Kemudian menggunakan parfum ataupun deodoran. Selain itu, kamu juga perlu menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, menurut penuturan Dokter Saddam Ismail terdapat beberapa bahan makanan yang bisa mengatasi bau badan asam, sebagai berikut:

"Teman-teman bisa menghilangkan aroma bau badan tak sedap dengan menggunakan beberapa jenis makanan yang bisa bantu hilangkan bau badan," ujar Saddam Ismail dikutip briliobeauty.net dari kanal YouTube Saddam Ismail, Kamis (2/5).

1. Jamur kancing.

bahan makanan hilangkan bau badan asam
freepik.com

Jamur kancing menjadi pilihan utama pada bahan masakan. Jika dikonsumsi secara langsung bisa memengaruhi bau mulut dan badan. Pasalnya jamur kancing mengandung zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah yang sehat, sehingga membantu menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh dan mengurangi bau badan.

Jamur kancing kaya akan vitamin B kompleks, termasuk riboflavin (B2) dan niacin (B3). Vitamin B kompleks membantu memperbaiki dan menjaga kesehatan kulit, serta memperkuat sistem metabolisme tubuh. Dengan demikian, konsumsi vitamin B dari jamur kancing dapat membantu mengurangi produksi keringat yang berlebihan dan mengurangi bau badan.

2. Sayuran Hijau.

Menurut Dokter Saddam Ismail mengonsumsi sayuran hijau diklaim bisa menghilangkan bau badan. Hal ini dikarenakan sayuran hijau mengandung zat klorofil yang bisa membuat aroma tubuh jadi sedap. Klorofil dapat membantu mengikat senyawa-senyawa berbau tidak sedap dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui proses detoksifikasi.

Beberapa sayuran hijau, seperti bayam mengandung senyawa-senyawa fitokimia yang dapat membantu mengatur kadar hormon dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab bau badan yang tidak sedap. Dengan mengonsumsi sayuran hijau yang kaya akan senyawa fitokimia, dapat membantu mengurangi ketidakseimbangan hormon dan mengurangi bau badan yang tidak sedap.

3. Buah-buahan.

Bahan makanan selanjutnya yang bisa digunakan untuk hilangkan bau badan tak sedap adalah buah-buahan. Perlu kamu ketahui, buah-buahan ini mengandung tinggi serat, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan. Nah bahan makanan yang tinggi serat ini bisa mengurangi bau badan. Ketika kamu mengonsumsi buah-buahan, akan membantu tubuh untuk detoksifikasi. Sehingga tubuh tidak perlu detoksifikasi secara ekstra, untuk mengeluarkan keringat lebih banyak.

4. Buah-buahan citrus.

bahan makanan hilangkan bau badan asam
freepik.com

Selain itu, kamu juga bisa menghilangkan bau badan dengan buah-buahan citrus, seperti lemon, jeruk bali, atau jeruk dipercaya bisa menghilangkan bau badan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam yang ada di dalam buah-buahan citrus bisa meningkatkan air di dalam tubuh. Sehingga zat racun atau zat penyebab bau badan jadi berkurang.

"Teman-teman bisa mengonsumsi air lemon, buah jeruk utuh," jelasnya.

5. Makanan yang mengandung seng (zinc).

Makanan yang mengandung seng (zinc) dipercaya bisa atasi bau badan tak sedap. Menurut penuturan Dokter Saddam bau badan dipicu oleh pertumbuhan bakteri di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc diklaim bisa mengurangi bakteri pada tubuh. Nah zinc ini bisa kamu temukan dalam makanan, seperti lobster, kerang, kepiting, kacang-kacangan, gandum utuh, dan produk olahan susu.