Awet muda di usia 50 tahun, ini trik cegah munculnya keriput dan wajah mengendur pakai 3 bahan dapur

3 November 2023 19:25 WIB

Brilio.net - Memasuki usia 50 tahun biasanya wajah akan mulai tampak kendur dan penuh keriput. Hal tersebut wajar terjadi, karena saat umur seseorang mulai menua, maka regenerasi kulit juga akan melambat. Kolagen dan elastin yang berperan dalam kekencangan dan kekenyalan kulit mulai mengalami penurunan.

Meski biasanya tanda penuaan akan muncul saat usia 30 tahun, namun kondisi ini bisa lebih cepat terjadi saat seseorang berumur 25 tahun. Hal ini biasa disebut dengan penuaan dini. Beberapa faktor yang menyebabkan penuaan dini, seperti paparan sinar matahari, genetik, gaya hidup, hormon, stres, hingga kurangnya merawat wajah.

Oleh karena itu penting menjaga kesehatan wajah untuk mencegah kerusakan kulit yang mungkin terjadi secara dini. Nah, jika kamu ingin tampak awet muda di usia 50 tahun, kamu bisa melakukan perawatan antiaging dengan berbagai produk skincare. Kamu juga bisa memaksimalkan perawatan wajahmu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan dari akun TikTok @beautyhacks755 yang membagikan tentang trik cegah munculnya keriput dan wajah mengendur pakai tiga bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah kuning telur, tepung jagung atau tepung maizena, dan bubuk kopi.

Tinggi dengan kandungan protein yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, kuning telur juga banyak digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit, lho. Hal ini berkat kandungan lemak dan nutrisi di dalamnya. Selain itu, manfaat kuning telur juga didapatkan dari beberapa vitamin, seperti A, B6, B12, D, E, K, folat, kalsium, magnesium, besi, potassium, sodium dan selenium. Berkat kandungan tersebut, kuning telur dapat membuat kulit menjadi lebih elastis, sehingga keriput dan tanda penuaan lain pada wajah bisa dicegah.

foto: freepik.com

Tepung jagung atau tepung maizena yang kerap kali dijadikan bahan makanan juga bisa membantu mencegah kulit kendur. Tepung jagung atau maizena mengandung sejumlah protein yang dapat membantu untuk meningkatkan kolagen dan tanda penuaan. Kandungan vitamin A di dalamnya juga berfungsi untuk menyamarkan bintik hitam akibat hiperpigmentasi dan mencegah munculnya garis halus.

Begitupun dengan bubuk kopi yang memiliki kandungan antioksidan dan kafein tinggi. Kandungan antioksidan dan kafein dalam kopi inilah yang akan membantu mencegah penurunan kadar kolagen dan membantu meningkatkan produksi elastin, sehingga akan membuat kulit tetap terasa kencang.

Ketiga bahan dapur yang sudah disebutkan bisa kamu olah menjadi masker wajah antiaging. Masker alami ini diklaim ampuh mencegah munculnya keriput dan wajah mengendur saat usiamu 50 tahun. Yuk, simak cara membuatnya, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok/@beautyhacks755 pada Jumat (3/11).

Bahan:

foto: TikTok/@beautyhacks755

1. 1 butir kuning telur
2. 1 sendok makan tepung maizena
3. 1 sendok makan bubuk kopi

Cara membuat:

foto: TikTok/@beautyhacks755

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajahmu terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalanmu
7. Gunakan masker antiaging ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang dan tetap awet muda di usia 50 tahun.

(brl/mal)