Awet muda di usia 50 tahun, ini trik kencangkan wajah keriput dan kendur dengan 1 jenis tepung

6 Desember 2023 20:10 WIB

Brilio.net - Ketika seseorang memasuki usia 30 tahun, biasanya akan banyak perubahan yang mulai dialami. Salah satunya adalah perubahan fisik. Seperti mulai muncul uban, kulit mengendur, munculnya kerutan, keriput, hingga flek hitam. Perubahan fisik ini paling terlihat di bagian wajah. Pasalnya wajah memiliki kulit yang tipis sehingga rentan mengalami keriput dan mengendur.

Kondisi ini akan semakin parah jika seseorang berusia 50 tahun. Sebab pada usia ini, produksi kolagen dan elastin pada kulit mulai mengalami penurunan drastis. Sehingga kerusakan kulit mulai sulit diperbaiki, karena regenerasi kulit juga ikut melambat. Seperti yang diketahui bahwa kolagen dan elastin adalah kedua komponen yang berperan dalam menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit. Faktor lain yang menjadi penyebab munculnya keriput adalah genetika, gaya hidup, paparan sinar matahari, dan kurangnya perawatan wajah.

Walaupun menjadi masalah umum dan pasti dialami oleh semua orang, namun wajah kendur dan keriput dapat mengganggu penampilan. Sehingga tak heran banyak yang mencari solusi untuk mengencangkan wajahnya agar tetap awet muda. Terutama bagi yang sudah berusia 50 tahun.

Salah satunya seperti unggahan dari akun TikTok @maryyam32 pada 27 September 2023, yang memakai 1 jenis tepung untuk mengencangkan keriput dan kulit kendur, yaitu tepung beras. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu pisang dan bubuk kopi.

"A million times stronger than Botox, a mask for freshness and whitening the skin (Satu juta kali lebih kuat dari Botox, masker untuk kesegaran dan memutihkan kulit)," kata pemilik akun sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @maryyam32, Rabu (6/12).

Kencangkan wajah keriput dan kendur dengan 1 jenis tepung
freepik.com

Tepung beras adalah biasanya dipakai sebagai bahan utama pembuatan camilan. Selain itu, bahan alami ini ternyata juga bisa mengatasi penuaan kulit, berkat kemampuannya untuk merangsang produksi kolagen yang membantu mengencangkan kulit. Manfaat itu didapatkan dari kandungan antioksidan di dalamnya.

Tak kalah ampuh dari tepung beras, pisang ternyata juga banyak dimanfaatkan untuk menjadi masker pengencang kulit. Ini karena adanya kandungan vitamin C dan B6 pada pisang yang luar biasa tinggi. Berkat kandungan itu lah pisang dipercaya mampu melawan berbagai tanda penuaan, khususnya mengendurnya kulit dan munculnya keriput.

Selain itu, bubuk kopi juga dikenal memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang tinggi. Kedua kandungan itu dapat bekerja secara efektif untuk mencegah penurunan kolagen dan meningkatkan produksi elastin. Sehingga membuat kulit tetap terasa kencang dan bebas tanda-tanda penuaan.

Kencangkan wajah keriput dan kendur dengan 1 jenis tepung
TikTok/@maryyam32

Cuma dengan tiga bahan alami saja, kamu dapat membuat masker wajah antiaging yang efektif untuk mengencangkan kulit dan mencegah munculnya keriput. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 buah pisang matang
2. 2 sendok makan tepung beras
3. 1 sendok makan bubuk kopi

Kencangkan wajah keriput dan kendur dengan 1 jenis tepung
TikTok/@maryyam32

Cara membuat dan menggunakan:

1. Haluskan pisang sampai benar-benar lembut
2. Tambahkan tepung beras dan bubuk kopi
3. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
4. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
5. Aplikasikan masker pada wajah dan leher secara menyeluruh
6. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang dan awet muda di usia 50 tahun.

(brl/ola)