Awet muda di usia 60 tahun, ini cara kencangkan kerutan dan cegah wajah kendur pakai 3 bahan alami

07 / 05 / 2024 16:10 WIB

Brilio.net - Setiap orang yang memasuki usia 50 tahun, pasti akan mengalami berbagai tanda penuaan di kulit wajahnya. Beberapa tanda penuaan yang biasanya muncul adalah kerutan, keriput, garis halus, dan kulit kendur. Bukan tanpa alasan, kondisi ini terjadi karena penurunan produksi kolagen dan elastin pada kulit.

Kolagen merupakan komponen kulit yang berperan dalam menjaga kekencangan kulit. Sementara elastin, juga menjadi komponen kulit yang bekerja untuk menjaga kekenyalan kulit. Nah, keduanya akan mengalami penurunan produksi seiring bertambahnya usia seseorang. Bahkan di usia senja, regenerasi kulit juga ikut melambat, sehingga kulit akan kesulitan memperbaiki diri.

Wajah merupakan bagian tubuh yang paling cepat mengendur dan menua. Kondisi ini terjadi saat produksi minyak alami pada kulit mengalami penurunan, sehingga kering dan tampak mengerut. Bahkan, lemak pada lapisan kulit bagian dalam ikut berkurang yang membuat kulit tampak kendur dan muncul kerutan di area wajah.

Kerutan dan kulit yang mengendur juga diperparah oleh beberapa faktor eksternal. Seperti sinar UV yang berlebihan, paparan sinar matahari tanpa perlindungan, asap rokok, efek samping obat tertentu, stres berlebih, berat badan turun drastis, kurang vitamin E, serta faktor genetik. Meski menjadi hal umum saat seseorang menua, namun kerutan dan kulit yang mengendur cukup membuat kurang percaya diri.

Nggak salah, kalau banyak yang mencari cara untuk mengencangkan kulitnya agar tampak lebih muda. Seperti unggahan dari akun TikTok @betha.beauty_health yang membagikan tentang trik pudarkan kerutan dan cegah kulit kendur pakai tiga bahan alami, yakni bubuk kopi, madu, dan air mawar. Cara ini ternyata ampuh untuk membuat wajah terlihat awet muda di usia 60 tahun.

"Jangan Panik !! Ini Cara Agar Bebas Dari Kerutan,Awet Muda di Usia 60Tahun," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @betha.beauty_health, Selasa (7/5).

Kencangkan kerutan dan cegah wajah kendur usia 60
freepik.com

Kandungan kopi untuk mengatasi penuaan kulit wajah.

Sebagai bahan minuman yang kerap dikonsumsi untuk mengatasi kantuk, ternyata kopi juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi penuaan kulit, lho. Bukan tanpa alasan, kopi memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam kopi bekerja efektif untuk mencegah penurunan kadar kolagen dan membantu meningkatkan produksi elastin. Hal inilah yang akan membuat kulit jadi lebih kencang.

Menurut American Chemical Society, manfaat kopi untuk wajah berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kombinasi kafein dan antioksidan di dalam kopi dipercaya mampu menangkal berbagai radikal bebas, sehingga kulit wajah jadi lebih sehat, cerah, dan awet muda.

Manfaat madu untuk mengatasi kerutan dan mengencangkan wajah kendur.

Madu juga merupakan bahan alami yang ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit, salah satunya kerutan dan kulit kendur pada wajah. Karena kandungan vitamin dan mineral yang sangat kaya di dalam madu dipercaya dapat menenangkan kulit dan menghilangkan garis halus, kerutan, serta noda dan flek hitam pada kulit wajah.

Air mawar efektif untuk menunda berbagai tanda penuaan kulit.

Tak terkecuali dengan air mawar yang juga memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Bahan alami ini dipercaya ampuh menangkal radikal bebas dan menghambat kerusakan kulit yang dapat membuatnya lebih cepat tua dan keriput. Vitamin A dan C pada air mawar juga dapat merangsang pembentukan kolagen agar wajah lebih kencang.

Ketiga bahan yang sudah disebutkan bisa kamu olah menjadi masker yang dapat mengencangkan kulit kendur. Masker ini juga akan membuat kamu yang berusia 60 tahun tampak lebih muda karena kerutan di wajah tersamarkan. Begini cara membuatnya.

Bahan:

Kencangkan kerutan dan cegah wajah kendur usia 60
TikTok/@betha.beauty_health

1. 1 sendok makan bubuk kopi
2. 2 sendok makan madu
3. 1 sendok makan air mawar

Cara membuat:

Kencangkan kerutan dan cegah wajah kendur usia 60
TikTok/@betha.beauty_health

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan wajah benar-benar bersih
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Keringkan wajah kemudian gunakan moisturizer
7. Pakai masker antiaging ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih kencang dan bebas kerutan.