Bahan pembuat jelly ini bisa angkat komedo di wajah, begini cara mengaplikasikannya

24 / 06 / 2024 10:44 WIB

Brilio.net - Komedo umumnya muncul ketika penumpukan sel kulit mati dan produksi minyak berlebih menyumbat pori-pori. Selain sel kulit mati, kotoran lain seperti debu, polusi, serta sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal juga akan menyebabkan munculnya komedo di area wajah.

Pada umumnya, komedo akan muncul di area wajah berminyak. Seperti hidung, pipi, dahi, dan dagu. Pasalnya area wajah tersebut memiliki kelenjar minyak lebih banyak dibandingkan area wajah lain. Karena itulah, wajah jadi tampak kusam, bertekstur, dan memiliki warna tidak merata.

Adanya komedo di wajah dapat mengganggu penampilan dan bisa menjadi pemicu munculnya jerawat meradang lho. Pasalnya, komedo atau kotoran yang terjebak di pori-pori kulit akan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Jika kamu salah satu orang yang mengalaminya, tak perlu khawatir. Karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan yang ramah di kantong namun hasilnya efektif.

foto: TikTok/@i_ayesha_here

Seperti dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @i_ayesha_here, yang menggunakan salah satu bahan pembuat jelly. Bahan yang dimaksud adalah gelatin. Tak hanya itu, ia juga menambahkan bubuk kopi dan susu cair lho. Begini cara membuat dan mengaplikasikannya, yang telah briliobeauty.net lansir pada Senin (24/6).

Bahan:

- 1 sendok teh bubuk kopi
- 1 sendok teh bubuk gelatin
- Susu cair hangat secukupnya (kamu bisa memanaskannya menggunakan microwave atau memasaknya)

foto: TikTok/@i_ayesha_here

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan pastikan bubuk kopi serta gelatin larut.
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup.
4. Keringkan wajah menggunakan handuk.
5. Aplikasikan masker gelatin pada wajah secara menyeluruh.

foto: TikTok/@i_ayesha_here

6. Diamkan sampai kering lalu kupas masker secara perlahan.
7. Lanjutkan dengan mengaplikasikan susu pada wajah (ini dilakukan untuk menenangkan kulit wajah).
8. Bilas menggunakan air setelah beberapa saat.
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2-23 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas komedo.

Manfaat bubuk gelatin untuk mengangkat komedo di wajah.

Gelatin merupakan produk yang dibuat dengan memasak bahan kolagen dan hampir seluruhnya terbuat dari protein. Dikutip dari Healthline, kolagen adalah protein yang paling banyak ditemukan di bagian kulit, tulang rawan, tendon, dan ligamen hewan. Tak heran jika bubuk gelatin mengandung asam amino, seperti prolin, glisin, hidroksiprolin, hidroksilisin, alanin, dan asam glutamat.

foto: freepik.com

Berkat kandungan tersebut, gelatin ampuh mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari pori-pori, sehingga mampu mencegah munculnya komedo di wajah. Bahkan bahan ini juga efektif menyerap produksi minyak berlebih di wajah dan menghilangkan komedo membandel.

Kandungan bubuk kopi untuk menghilangkan komedo.

Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang dipercaya mampu mengecilkan ukuran pori-pori wajah, mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori, dan membuat wajah jadi bebas komedo. Tak heran jika bahan alami ini banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah.

Susu cair ampuh mencegah munculnya komedo dan bikin wajah lebih halus.

Susu cair dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah. Ini berkat kandungan asam laktat di dalamnya. Kamu yang memiliki masalah kulit seperti pori-pori besar dan terbuka, juga bisa menggunakan susu sebagai masker wajah. Nah, masker susu dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat, sehingga komedo bisa segera diatasi.