Bak proses bikin mi, 9 potret pembuatan sabun batang pabrikan ini jauh dari kata higienis

05 / 06 / 2024 22:10 WIB

Brilio.net - Sabun mandi merupakan produk perawatan yang selalu digunakan untuk membersihkan kulit, menghilangkan kotoran, dan minyak berlebih pada tubuh. Seperti yang kamu ketahui, sabun mandi punya berbagai varian bentuk mulai dari cair hingga batangan. Di antara dua jenis sabun ini, sabun batangan lah yang dibanderol dengan harga relatif terjangkau. Tak heran jika peminat sabun batang ini cukup banyak.

Banyaknya permintaan sabun batang, membuat sejumlah brand kecantikan memproduksi produk kecantikan satu ini. Sudah pasti produksi sabun batang ini dibuat dengan standar pabrik yang sudah ditentukan. Mulai dari penggunaan bahan dasar sabun hingga tempat produksi yang harus higienis. Standar produksi ini diperlukan untuk menghasilkan sabun dengan kualitas terbaik yang tidak terkontaminasi zat-zat berbahaya bagi kulit.

Namun bagaimana jika sabun batangan diproduksi pada tempat yang jauh dari kata higienis? Seperti video yang belakangan viral di media sosial TikTok. Lewat unggahan video dari akun TikTok @robian_mj, ia membagikan 10 potret pembuatan sabun batang yang terlihat cukup membuat kamu geleng-geleng kepala.

Nah kamu penasaran dengan potret pembuatan sabun batang pabrikan? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari TikTok @robian_mj, Rabu (5/6).

1. Di awal video kamu melihat seorang pegawai sedang memasukan bahan dasar sabun, mulai dari serbuk hingga menuangkan warna. Memang tak ada yang aneh saat di awal langkah.

foto: TikTok/@robian_mj

2. Setelah dicampur dengan berbagai bahan, pegawai pabrik itu lanjut menghaluskan semua bahan.

foto: TikTok/@robian_mj

3. Tampak alat penggiling itu terlihat kotor dengan sisa-sisa sabun yang mengerak.

foto: TikTok/@robian_mj

4. Saat digiling, dari sisi samping terlihat bahan olahan sabun itu keluar dengan bentuk panjang bak bikin mi.

foto: TikTok/@robian_mj

5. Pada langkah berikutnya, pegawai pabrik itu langsung memasukkan pada mesin pencetak sabun.

foto: TikTok/@robian_mj

6. Seperti mesin sebelumnya, mesin pencetak sabun juga meninggalkan kerak hingga menghitam.

foto: TikTok/@robian_mj

7. Bahkan saat masuk ke tahapan cetakan desain produk, tampak tak ada alasan sehingga sabun langsung bersentuhan dengan mesin yang berkerak.

foto: TikTok/@robian_mj

8. Saat masuk ke tahapan packaging pegawai pabrik juga tak pakai sarung tangan. Hal ini bisa bikin sabun terkontaminasi dengan bakteri dari luar.

foto: TikTok/@robian_mj

9. Unggahan video itupun mendapatkan komentar dari netizen, salah satunya adalah @kal SETORE "bukan nambah bersih anjir ".

foto: TikTok/@robian_mj